Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Di mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung. Seperti halnya sushi yang menjadi makanan khas Jepang. Menyantap makanan khas negara lain ternyata juga tak bisa sembarangan.

Kita harus memahami dan dan menghormati budaya dan kebiasaan yang berkaitan dengan makanan tersebut. Misalnya saat makan sushi. Mau tahu?

Mengucapkan itadakimasu
Kalimat “itadakimasu” sama seperti mengucapkan “selamat makan”. Jika Anda berada di sekitar orang-orang Jepang, dan Anda mengucapkannya sebelum makan, maka mereka akan sangat menghargai Anda.

Jangan tuang minuman sendiri
Orang Jepang memiliki kebiasaan yaitu menikmati makanan sembari menikmati minuman. Untuk hal ini, mereka sangat menghormati kebersamaan untuk saling berbagi. Jika Anda mengambil botol minuman, pastikan Anda juga mengisi gelas orang-orang di sekeliling Anda. Tetapi Anda juga tetap tidak boleh mengisi gelas sendiri, biarkan teman Anda yang mengisinya.

Cara memesan
Ahli sushi lebih tahu apa yang segar untuk dinikmati, dibandingkan Anda yang hanya sebagi penikmat. Omakase adalah salah satu cara memesan menu, artinya Anda memberi wewenang kepada ahli sushi untuk menyajikan makanan yang akan disantap.

Hormati nasi Anda
Masyarakat Jepang sangat menghormati nasi. Mereka memandang nasi sebagai suatu yang indah. Sebaiknya hindari keinginan untuk meyiram nasi dengan shoyu, karena dapat dianggap merusak keindahan. Dan jangan menancapkan sumpit di atas nasi, karena akan dianggap pertanda buruk. Anda juga harus menghabiskan nasi yang disajikan, hal ini akan menjadi rasa penghormatan pada ahli sushi.

Ucapkan “Gochi-so-sama-deshi-ta”
Mengucapkan “Gochi so sama deshi ta” sama seperti mengungkapkan, “Wah, enak sekali!”. Ucapan ini sudah merupakan standar protokol untuk mengatakan bahwa Anda telah selesai makan. Jika Anda bertemu koki yang benar-benar asli dari Jepang, kemungkinan ia akan menjawab “Osamatsu deshita”, yang artinya, “Maaf saya tidak bisa menyajikan makanan yang terenak,”.

sumber: VIVAnews


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mitos vs Fakta Seputar Bibir
  2. 6 Cara Alternatif Mengusir Nyamuk
  3. Inilah Alasan Kenapa Orang Betah Beraktivitas di Mal
  4. Sejarah dan Serba-Serbi Valentine
  5. Berburu Panti Pijat Plus – Plus di Jakarta
  6. 10 Mitos Tidur yang Tidak Terbukti
  7. 5 Cara Hilangkan Bekas Cupang di Leher
  8. Foto Google Earth
  9. Greenpeace: PS3, Wii, dan XBox Mengandung Racun
  10. Inilah 16 Fakta Mencengangkan Selama Syuting “Titanic”