Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Inilah Tips Menghemat BBM. Semakin lama harga BBM memang semakin melambung. Meski sekarang BBM masih di subsidi oleh pemerintah, bukan berarti bahwa subsidi ini akan terus berlangsung. Sebenarnya meningkatnya harga BBM juga diakibatkan oleh kurang pedulinya masyarakat akan eksistensi bahan bakar minyak yang kian hari kian menurun.

Jika masyarakat peduli, tentunya mereka tidak akan terlalu terfokus akan dampak negatif yang ditimbulkan oleh naiknya harga BBM namun justru sebaliknya mereka akan semakin cerdas dan mandiri untuk mencari tenaga alternatif yang tentunya bisa diperbaharui.

Sebagai warga Negara, yang bisa dilakukan untuk membantu negeri ini adalah dengan berupaya menghemat penggunaan BBM.

Untuk itu berikut beberapa tips menghemat BBM yang bisa anda terapkan.

• Tips Hemat BBM yang pertama adalah selalu panaskan mesin sebelum digunakan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menghasilkan pembakaran yang ideal. Lama waktu untuk memanaskan mesin biasanya antara 30 detik hingga 1 menit.

Namun hal ini juga tergantung dari kondisi mesin. Namun satu hal yang pasti, dalam memanaskan mesin pastikan bahwa mesin mulai terasa panas. Namun juga jangan terlalu lama karena ini hanya akan membuang-buang BBM saja.

• Jaga putaran mesin. Putaran mesin juga sangat penting sehingga dianjurkan dalam Tips Hemat BBM ini. Putaran mesin yang terlalu lambat atau terlalu kencang justru akan membuat konsumsi BBM menjadi boros. Putaran mesin yang paling ideal adalah antara 2000 hingga 3500 rpm karena pada kecepatan inilah kondisi BBM dan tenaga mencapai titik yang optimal.

• Saat sedang melaju di jalanan, usahakan untuk berlari pada kecepatan yang konstan. Jangan lakukan pengereman atau akselerasi yang mendadak karena hal ini akan membutuhkan energi yang cukup besar. Jadi usahakan untuk berjalan dengan lembut dan senyaman mungkin.

• Jaga kecepatan kendaraan anda. Kecepatan ideal untuk menghemat BBM adalah 55 mil per jam. Jadi pastikan kecepatan anda dikisaran itu. Meski berada di jalan yang terbuka, tetap jaga kecepatan anda pada titik ini agar anda bisa tetap menjaga efisiensi BBM.

Demikian tadi beberapa Tips Hemat BBM sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan menerapkan tips tersebut, maka secara tidak langsung anda juga telah memberikan sumbang sih dalam aksi menjaga lingkungan yang kini menjadi urgensi yang harus segera diatasi.

sumber: perempuan.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Yang Harus Dilakukan Saat Membeli Mobil Bekas
  2. Integrasi Nokia N95 dengan Audio System Mobil Renault
  3. Daftar 30 Kendaraan Ramah Lingkungan
  4. Keuntungan Motor Injeksi
  5. 7 Peti Mati (7 Deadly Bins)
  6. Inilah Tips Memilih Kredit Kendaraan
  7. VentureOne: Kawin Silang, Mobil dan Motor
  8. S 600 Pullman Guard, Mobil Anti Teroris
  9. BMW X6 Resmi Diluncurkan di Indonesia
  10. Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia