Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Pada umumnya, perempuan ingin mempunyai berat badan yang ideal walaupun telah mempunyai anak. Tetapi bila pada saat hamil, para perempuan justru mengalami kenaikan berat badan lebih dari 16 kg. Maka dari itulah, mereka nantinya akan cenderung untuk memiliki berat badan yang berlebih alias menjadi gemuk. Demikian hasil penelitian dari para ahli di Swiss, yang dikutip dari sumber infosehat.

Biasanya kenaikan berat badan pada saat hamil mencapai 12 kg dan sebagian besar pertambahan berat badan ini akan hilang pada tahun pertama setelah melahirkan. Tapi bila pertambahan berat badan itu sudah lebih dari 16 kg, maka lebih besar kemungkinannya pertambahan berat badan itu akan menetap dan membuat badan menjadi gemuk setelah melahirkan. Tapi para ahli bukan menganjurkan untuk melakukan diet selama kehamilan, namun untuk mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan, jangan yang berlebihan.

Banyak perempuan yang tidak memikirkan kenaikan berat badannya selama kehamilan dan sering berpikir bahwa berat badannya itu akan kembali normal, paling tidak selama masa menyusui. Tapi ternyata hal itu tidak terjadi. Pada saat penelitian dimulai, hanya ada 7 persen ibu-ibu yang hamil yang mempunyai berat badan berlebih, tapi setahun kemudian ibu-ibu dengan berat badan berlebih menjadi 12 persen dan 15 tahun kemudian meningkat menjadi 31 persen.

Ibu-ibu yang mengalami kenaikan berat badan kurang dari 16 kg selama kehamilannya, hanya mengalami kenaikan berat badan sekitar 1 kg setelah 1 tahun melahirkan. Sedang mereka yang mengalami kenaikan berat badan yang lebih, hampir 5,5 kg akan menetap pada tahun pertama dan 16 kg pada 15 tahun kemudian.

Perempuan yang telah mengalami kelebihan berat badan sebelum kehamilan maka akan terus mengalami peningkatan berat badan setelah melahirkan. Dengan menjaga berat badan yang baik sebelum kehamilan dan pertambahan berat badan yang tidak berlebihan selama kehamilan, akan sangat membantu para perempuan memiliki berat badan ideal di kemudian hari. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Anestesi Syaraf Pengindera Rasa Sakit
  2. Masalah Bau Badan
  3. Inilah 10 Alat Rumah Tangga Penyebab Kanker
  4. Konsumsi Garam Secukupnya
  5. RUU Jaminan Kesehatan : Menghitung Biaya Ekonomi Pengobatan Kanker
  6. Bakam Pengobatan ala Rasulullah
  7. Makanan memperbaiki emosi ?
  8. Gelembung : Cara Deteksi Kanker Payudara
  9. Bahaya Zat Kimia Bagi Kesehatan
  10. 5 Fenomena Tubuh Di Luar Logika dan Ilmu Medis