Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sepintas, latihan beban memang terlihat mudah. Di pusat kebugaran, anda tinggal meniru apa yang orang lakukan. Namun hati-hati, jangan sembarangan berlatih. Tanpa teknik yang benar anda bisa cedera, mulai daru keseleo, otot tegang, patah tulang, disiokasi, sampai saraf rusak.

Lakukan latihan beban di bawah bimbingan instruktur yang berkualitas. Konsultasikan dengan dokter jika usia anda di atas 40 tahun sebelum memutuskan latihan beban. Pastikan anda dan pelatih punya alasan atau tujuan jelas atas setiap gerakan yang diprogramkan. Setiap latihan harus dibuat sesuai tujuan dan kebutuhan kebugaran anda sendiri.

Bernapaslah
Tekanan darah dapat meningkat ke tahap berbahaya jika anda menahan napas selama latihan. Menghembuskan napas selama mengangkat dan bernapas normal bebas selama latihan dapat menghindari peningkatan tekanan darah.

Cari keseimbangan
Latih semua otot utama, yakni perut, kaki, dada, bahu, punggung dan lengan. Latih juga otot yang berlawanan. Contohnya bahu depan dan bahu belakang sama-sama dilatih dengan porsi seimbang.

Angkat beban yang sesuai
Sehingga, otot akan terasa lelah setelah hitungan ke-10 sampai 15. Beban yang menyebabkan kelelahan pada hitungan ke-12 merupakan stumulasi efektif untuk memperkuat dan membentuk otot.

Jangan lakukan ulangan terlalu banyak
Menyelesaikan satu set latihan sampai tahap kelelahan adalah yang anda butuhkan. Set tambahan sebenarnya tak berguna dan dapat menyebabkan cedera.

Jangan terburu-buru
Angkat dan turunkan beban secara perlahan-lahan dan terkontrol. Ini bagus untuk memperbaiki stabilitas tubuh juga mengisolasi otot yang ingin dilatih secara efektif.

Istirahat
Berikan tubuh sehari untuk memulihkan diri.

Konsisten
Latihan 3 kali seminggu akan menambah dan menjaga kekuatan otot yang telah dibangun.

Kenakan sepatu
Sepatu tak hanya melindungi kaki dari beban, tetapi menghindarkan anda terpeleset ketika mengangkat beban. Juga memberi dasar yang kuat untuk tubuh anda. Terakhir, simpan alat angkat beban jauh dari jangkauan anak-anak. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Puasa sebagai Detoks
  2. Deodoran Sebabkan Kanker Payudara?
  3. Waspadai Gangguan Pada Gusi
  4. Teh Disinyalir Dapat Perangi Kegemukan
  5. Mengubah Sel Kanker Menjadi Sel Normal
  6. 9 Cara Merawat Miss Vagina
  7. 8 Rahasia Langsing Alami
  8. Anak juga Bisa Menderita Diabetes
  9. Capai Berat Badan Ideal
  10. Ternyata Mendingan Tempat Duduk Kloset Daripada Keyboard