Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kanker mulut rahim masih menjadi momok yang menakutkan bagi kaum perempuan di Indonesia. Selain belum ada obatnya, kanker jenis ini masih menjadi pembunuh nomor satu perempuan pengidap kanker tersebut.

“Kanker mulut rahim di Indonesia masih menjadi pembunuh nomor satu di antara kanker lainnya. Padahal di Amerika Serikat kasus penyakit ini sudah menurun,” kata spesialis kandungan Prof dr Noor Pramono, SpOG, yang juga guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Pencegahan dini melalui pendektesian yang dilakukan secara berkala bisa mengurangi risiko. Kanker mulut rahim hingga sekarang memang belum ada obatnya dan sangat ditakuti kaum perempuan. Namun, menurut Pramono, hal ini bisa dihindari dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Misalnya tidak melakukan hubungan seks berganti-ganti pasangan.

Kanker mulut rahim paling banyak ditemukan di antara penyakit kanker ginekologik. Menjadi penyebab kematian utama perempuan penderita kanker di negara berkembang, termasuk Indonesia. Pada stadium awal, kanker ini cenderung sulit terdeteksi. Pada tahap prakanker atau displasia sampai stadium 1, praktis tidak ada keluhan yang dirasakan oleh penderita, namun menginjak stadium 1A-3B muncul keluhan, misalnya keluar darah sewaktu berhubungan seks. Yang lebih parah lagi, pada stadium 4B, sel kanker biasanya sudah menjalar ke otak dan paru, sehingga nyawa penderita semakin sulit untuk diselamatkan.

Pemicu kanker rahim adalah virus human papilloma, yang muncul antara lain akibat perilaku sering berganti-ganti pasangan seks, sehingga menimbulkan penyakit kelamin. (ee/ sbr: Pdpersi)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Sering Kesemutan? Waspadalah!
  2. Kopi Diduga Kurangi Risiko Kanker Hati
  3. Cara Langsing Permanen, Ikuti 5 Langkah Berikut
  4. Anemia, Hantui Perempuan Usia Subur dan Balita
  5. CHiropractic, Pengobatan Mengurut atau Menyejajarkan Tulang Belakang
  6. Menstrual Cup, Alternatif Baru Pembalut Wanita
  7. Kenali Gelaja Kanker Kulit Dari Tahi Lalat
  8. Bawang Daun bagi Kesehatan
  9. Flu Burung akan Jadi Bencana Nasional
  10. 5 Langkah Cegah Kanker Payudara