Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Keadaan tubuh dimasa muda diasumsikan tak akan membawa dampak buruk bagi kondisi pembuluh darah. Diasumsikan pembuluh darah kaum muda masih elastis dan lentur sehingga kegiatan aliran darah tak mendapat gangguan sama sekali. Kondisi pembuluh darah yang cenderung kaku dan menebal menyebabkan timbulnya hipertensi. Itulah sebabnya, banyak orang yang mengaitkan tekanan darah yang meningkat dengan usia lanjut.

Pada usia 60 tahun, tekanan darah sistolik seseorang mencapai 150-160 mmHg masih dianggap normal. Namun, menurut ketentuan Internasional yang terbaru, berapapun usia seseorang, tekanan darah yang normal adalah 120/80. Mengapa begitu?

Gaya hidup. Sebab, banyak studi yang menemukan semakin tinggi tekanan darah seseorang, semakin banyak komplikasi penyakit yang bakal dihadapinya. Mulai dari stroke, jantung koroner, gangguan ginjal dan kencing manis. Semua itu akibat buruknya kualitas pembuluh darah.

Bahkan, pada JNC 7th (The Seventh Report of the Joint National Committee of High Blood Pressure) disebutkan setiap peningkatan tekanan darah 20/10 mmHg juga akan meningkatkan risiko penyakit jantung 2 kali lipat.

Untuk itu, sejak sekarang, para dokter menyarankan agar orang yang dalam 3 kali pemeriksaan, tekanan darahnya cenderung melebihi 120/80 mmHg mulai diterapi meskipun usianya masih relatif muda. Angka itu, memang masih tergolong kriteria pre-hipertensi. Yakni, tekanan darah sistoliknya masih berkisar 120-139 mmHg. Tapi, kondisi begini tak bisa diremehkan. Semakin dini terapi, semakin turun risiko hipertensi maupun penyakit akibat tekanan darah tinggi.  (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 9 Cara Atasi Bau Badan Secara Alami
  2. Tulang Sehat dengan Vitamin D
  3. Kelebihan Kolesterol Dipicu Gaya Hidup
  4. Fetisisme : Payudara Adalah Segalanya
  5. 3 Latihan Untuk Mata Agar Terhindar Dari Kacamata
  6. Afrika Selatan Ujicoba Vaksin HIV
  7. Mau Gigi Putih? Berikut Rahasianya!
  8. Terapi Nimotuzumab, Harapan Baru Penderita Kanker
  9. Kiat Atasi Obesitas
  10. 6 Makanan Berikut Merangsang Otak, Meningkatkan Hormon dan Vitalitas,