Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Antibiotika adalah senyawa kimia yang dibuat untuk melawan bibit penyakit, khususnya kuman. Ada beragam jenis kuman, ada kuman yang besar, ada yang kecil, dengan sifat yang beragam pula.

Kuman cenderung bersarang di organ tertentu di tubuh yang ditumpanginya. Ada yang suka di otak, di paru-paru, di usus, saraf, ginjal, lambung, kulit, atau tenggorok, dan lainnya. Di organ-organ tempat bersarangnya itu, kuman tertentu menimbulkan infeksi. Kuman tipus menimbulkan penyakit tipus di usus, kuman TBC di paru-paru, selain bisa juga di tulang, ginjal, otak, dan kulit. Kuman lepra di saraf dan kulit, kuman difteria di tenggorokan, tetanus di saraf, dan banyak lagi.

Awalnya, ditemukan jenis antibiotika penisilin, lalu sulfa, yang digunakan untuk mengobati semua penyakit infeksi. Sekarang, sudah berpuluh-puluh jenis antibiotika ditemukan, baik dari rumpun yang sama, maupun dari jenis yang lebih baru. Setiap antibiotika memiliki kemampuannya sendiri dalam melawan kuman. Itu sebab, setiap rumpun kuman memiliki penangkalnya masing-masing yang spesifik. Namun, kebanyakan antibiotika bersifat serba mempan atau broadspectrum. Artinya, semua kuman dapat dibasminya.

Selain itu, ada pula jenis antibiotika yang sempit pemakaiannya, spesifik hanya untuk kuman-kuman tertentu saja. Misalnya, antibiotika untuk kuman TBC (mycobacterium tuberculosis), untuk lepra atau kusta (mycobaterium leprae), atau untuk tipus (salmonella tyhphi). yz


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Sedot Lemak, Pipi Gembil pun Jadi Tirus
  2. Jangan Duduk Bersilang Kaki
  3. Cara Mencegah Stroke Dengan Nutrisi!
  4. Inilah 22 Merek Kopi Berbahaya Yang Mengandung Bahan Kimia Obat
  5. Pendarahan Vagina bag. 3
  6. Atasi Stroke dengan Cabai
  7. Lempuyang Atasi Radang Tenggorokan
  8. 5 Cara Mengurangi Radiasi Ponsel
  9. Konsumsi Makanan dan Kanker Prostat
  10. Resep agar Tubuh Kebal Penyakit