Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bukan hanya sekali dalam hidup kita mengalami cegukan. Cegukan terbilang sering terjadi pada kehidupan kita. Terkadang kita merasa jengkel dengan situasi seperti itu. Sebaiknya, kita harus mengetahui seperti apa sih cegukan itu dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itulah, kita bisa simak penjelasan di bawah ini.

Cegukan terjadi ketika diafragma, otot di dasar paru-paru mengalami kejang. Kekejangan itu menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara keras cegukan. National Library of Medicine di Amerika Serikat mengatakan bahwa makanan pedas dan berbumbu serta asap tebal adalah pemicu cegukan. Pneumonia, radang selaput dada, atau kerusakan daerah tertentu di otak yang mengontrol pusat cegukan bertanggung jawab pada terjadinya cegukan.

Cara mudah menyembuhkan cegukan adalah menahan napas, minum segelas air dingin, atau makan sesendok gula. Anda juga dapat mencoba menghentikannya dengan meletakkan kantong kertas di depan mulut dan mencoba bernapas dari kantong kertas itu selama beberapa menit. Jarang terjadi cegukan lebih dari beberapa menit. Jika cegukan berlangsung selama beberapa hari, langkah yang bijak yakni berkonsultasi ke dokter. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Cara Mengurangi Radiasi Ponsel
  2. Mendeteksi Adanya Kista
  3. Tekanan Darah Tinggi Berkaitan dengan Hilang Ingatan
  4. Alzheimer Belum Bisa Disembuhkan! Inilah Gejala Awalnya
  5. Kebiasaan Menggigit Kuku Rentan Turunkan IQ Anak!
  6. Pecinta Teh Berisiko Rendah Kena Kanker Kulit
  7. Harapan Baru bagi Pasien Kanker Prostat
  8. Kiat Cegah Sariawan
  9. Jangan Anggap Remeh Susah Buang Air Besar
  10. Tips Membuat Ramuan Herbal Untuk Balita