Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Dinamakan penyakit kaki gajah karena memang daerah yang terkena akan membengkak seperti kaki gajah yang lazim disebut Filariasis. Filariasis ini jenis penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Bukan saja tidak indah dipandang, namun penderita tidak dapat bekerja secara optimal bahkan hidupnya tergantung kepada orang lain sehingga menjadi beban keluarga.

Di Indonesia penyakit kaki gajah tersebar luas hampir di seluruh provinsi. Berdasarkan laporan dari hasil survei pada tahun 2000 yang lalu tercatat sebanyak 1553 desa di 647 Puskesmas tersebar di 231 Kabupaten 26 Propinsi sebagai lokasi yang endemis, dengan jumlah kasus kronis 6233 orang. Hasil survei laboratorium, melalui pemeriksaan darah jari, rata-rata Mikrofilaria rate (Mf rate) 3,1 %, berarti sekitar enam juta orang sudah terinfeksi cacing filaria dan sekitar 100 juta orang mempunyai resiko tinggi untuk ketularan karena nyamuk penularnya tersebar luas.

Untuk memberantas penyakit ini sampai tuntas WHO sudah menetapkan Kesepakatan Global, yakni The Global Goal of Elimination of Lymphatic Filariasis as a Public Health problem by The Year 2020. Program eliminasi dilaksanakan melalui pengobatan massal dengan DEC dan Albendazol setahun sekali selama lima tahun di lokasi yang endemis dan perawatan kasus klinis baik yang akut maupun kronis untuk mencegah kecacatan dan mengurangi penderitanya. Indonesia akan melaksanakan eliminasi penyakit kaki gajah secara bertahap dimulai pada tahun 2002 di lima kabupaten percontohan. Perluasan wilayah akan dilaksanakan setiap tahun. (cy)

Download Artikel Tentang Kaki Gajah / Filariasis
Artikel 1 | Artikel 2 | Artikel 3 (Format PDF)
Sumber :kalbe.co.id

Lazada Indonesia


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Aneka Ramuan untuk Sakit Gigi
  2. Kenapa Anak Anda Sering Sakit? Inilah Penyebabnya
  3. Cegah Kanker Kulit Dengan Memakai Jilbab
  4. Kondom Perempuan, Kesempatan Lindungi Diri
  5. Inilah 10 Manfaat Minum Teh
  6. Inilah 9 Bagian Tubuh yang Dianggap Tidak Berguna
  7. Si Gemuk Rentan Kanker Payudara
  8. 50% Lelaki di Cina Impoten?
  9. Inilah 5 Penyebab Kenapa Anda Susah Untuk Langsing
  10. Joging Hindari Risiko Kanker