Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Para ahli kini punya bukti pendukung bahwa kondom benar-benar mengurangi risiko penularan virus penyebab kutil kelamin (genital warts) dan banyak kasus kanker leher rahim.

Hasil pengkajian atas 82 orang yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine memperlihatkan bahwa perempuan yang mengaku pasangannya selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual kemungkinannya 70 persen lebih kecil untuk terkena infeksi human papillomavirus (HPV) dibanding perempuan yang pasangannya sangat jarang (tak sampai 5 persen dari seluruh jumlah hubungan seks) menggunakan kondom.

Penelitian-penelitian sebelumnya mengatakan kondom hanya berperan kecil dalam penularan virus yang terjadi sebagai akibat dari kontak antarkulit yang terjadi dalam hubungan seks. Padahal dari penelitian terakhir itu diketahui, “Bahkan perempuan yang pasangannya menggunakan kondom lebih dari setengah jumlah hubungan seks, kemungkinan untuk tertular virus turun hingga 50 persen dibanding perempuan yang pasangannya hanya sekali-sekali menggunakan kondom,” lapor tim peneliti yang dipimpin oleh Rachel Winer dari University of Washington, AS.

Periset melacak kesehatan aktivitas seksual dengan dan tanpa kondom dari 82 perempuan di University of Washington, yang menyimpan càtatan aktivitas seksualnya di sebuah situs yang disediakan peneliti dan menjalani pemeriksaan ginekologi empat bulan sekali. Para perempuan itu terus dipantau selama satu tahun.

Setidaknya sekali dalam hidup, setengah dari perempuan dewasa yang aktif secara seksual pernah terinfeksi HPV, tetapi biasanya tidak berbahaya. Meski begitu, kadang gangguan tersebut dapat menimbulkan sel abnormal di leher rahim yang bisa berkembang menjadi kanker. Sekitar 4.000 perempuan di AS dan 300.000 di seluruh dunia meninggal karena kanker leher rahim setiap tahun. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 6 Pendapat Salah Tentang Menopause
  2. Pilih Alat Kontrasepsi yang Pas dan Ideal
  3. Cegah Gangguan Pencernaan Dengan 5 Tips Berikut Ini
  4. Berenang Ampuh Cegah Batu Empedu
  5. Bakteri Super, Basmi Dengan Madu
  6. Inilah 10 Penyakit Mematikan, Menular Antar Spesies
  7. Anestesi Syaraf Pengindera Rasa Sakit
  8. Sehatkah Ginjal Anda?
  9. Mimpi Buruk Picu Bunuh Diri
  10. Solusi Hindari Cacingan