Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Para ahli melaporkan kepada Reuters 12 Juni 2006 yang lalu, bahwa minum secangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko terjadinya sirosis hati akibat mengkonsumsi alkohol hingga 22%. Laporan ini disampaikan oleh Kaiser Permanente Medical Care Program, Oakland, California dimana mereka telah mempelajari data dari 125,580 pasien.

Data-data tersebut didukung oleh hipotesis yang mengatakan bahwa kandungan dari kopi tersebut dapat melindungi hati atau melawan terjadinya sirosis, khususnya sirosis akibat alkohol. Meski demikian apa yang menyebabkan adanya perlindungan terhadap hati tidak diketahui, kata mereka.

Kopi mengandung berbagai kumpulan bahan biologikal aktif. Seringkali pula pada kopi tersebut ditambahkan krim, susu dan gula atau substansi lain yang kemungkinan besar memiliki efek kesehatan yang tinggi.

Ahli lain mengatakan bahwa kandungan cafein yang terdapat pada kopi yang memiliki peranan sebagai bahan protektif terhadap hati, meski demikian efek protektif tersebut tidak ditemukan pada mereka yang rutin mengkonsumsi teh.

Bila benar efek protektif terhadap hati dapat diperoleh dari kopi, risiko peningkatan terjadinya sirosis akibat alkohol dapat ditekan dengan cara yang mudah. Namun sampai saat ini masih dilakukan penelitian yang lebih besar lagi untuk mengetahui kandungan apa yang memiliki efek protektif serta seberapa jumlah yang harus dikonsumsi perharinya.  (yz, sumber: idionline)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Amanakah Makanan dan Minuman dalam Kemasan ?
  2. Sering Kesemutan, Adalah 8 Tanda Awal Penyakit Berikut
  3. Inilah 7 Hal yang Bisa Merusak Kualitas Sperma Anda
  4. Mata Kedutan? Adda Makna Medis
  5. Perlunya Makan Coklat
  6. Vitamin Pendukung Bagi Kulit
  7. Kopi Termasuk Salah Satu Dari Enam Minuman Sehat
  8. Inilah Penjelasan Lengkap, Kenapa Seorang Anak Bisa Menderita Hidrosefalus?
  9. Manfaatkan Warna Untuk Terapi
  10. Ditemukan Penyakit Baru: Alergi Wi-Fi