Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Proses peremajaan dan perbaikan kulit biasanya terjadi pada malam hari. Untuk itu, mengoleskan krem malam di wajah pada saat anda akan tidur dan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda. Yang patut anda ingat adalah bahwa tidak semua jenis kulit membutuhkan pelembab. Bagi anda senang begadang maka akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan segar. Jadi anda perlu tidur pada malam hari karena saat itulah sel-sel di seluruh tubuh termasuk sel-sel yang rusak diperbaiki dan sel-sel kulit yang baru, diproduksi seiring dengan kehadiran hormon melatonin.

Pada saat matahari terbenam, dalam otak akan terdapat kelenjar pineal (pineal gland) yang akan memproduksi hormon melatonin yang merupakan ‘biang’nya hormon. Hormon itu lah yang mengatur pergantian sel-sel kulit yang rusak dan pertumbuhan sel-sel kulit baru. Hormon melatonin diproduksi tubuh sejak matahari terbenam, maksimal antara pukul 24.00 hingga pukul 04.00. Hormon itu pulalah yang menyebabkan anda mudah mengantuk dan mudah tertidur. Jadi jika pada jam tersebut orang tidak tidur maka dia sangat merugi. Bukan karena alasan kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan karena pada saat itulah proses peremajaan kulit dan pemulihan kulit yang rusak berlangsung.

Kandungan Nutrisinya Lebih Kuat. Krem malam (night cream) merupakan pelembab yang tidak mengandung tabir surya, yang biasanya dipakai pada malam hari. Pelembab juga ada yang bisa digunakan pada siang hari yaitu day cream. Sebenarnya isi keduanya sama perbedaan krem malam memiliki kandungan nutrisi lebih banyak daripada krem yang digunakan siang hari. Manfaatnya adalah untuk menjaga kelembaban kulit. ‘Ramuan’ krem malam biasanya ditambah dengan vitamin dan komponen antipenuaan daripada pelembab biasa dan krem malam biasanya tekstumya lebih kental.

Cara kerja dari krim malam, biasanya bertujuan memperbaiki sel-sel kulit dan lapisannya. Hal ini untuk menahan air dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat menarik air dari lapisan kulit yang lebih dalam ke lapisan sel tanduk (stratum comeum) yang lebih memerlukan. Selain itu juga mencegah kehilangan air melalui penguapan dengan membentuk lapisan yang menutupi permukaan kulit serta mengisi ruang kosong antara sel-sel kulit. Ruang-ruang kosong itu dapat menyebabkan rusaknya permukaan kulit sehingga kulit kehilangan kelembabannya dan mengurangi proses penyembuhan.

Secara umum, krem malam mengandung bahan menyerupai natural moisturizing factor (NMF) yang mengatur kadar air dalam stratum comeum (lapisan kulit terluar), bersifat hygroscopis (menarik air dari sumber lain), humectant (bahan yang dapat mengikat air) sebagai barrierl penghalang kehilangan air dan emollient (bahan menyerupai lemak kulit) yang membantu kulit tetap lembab, halus, lembut, lunak dan elastis.

Tidak semua orang memerlukan pelembab atau krem malam karena secara alamiah perempuan dengan kulit yang berminyak akan cenderung berjerawai dalam keadaan biasa sehingga tidak membutuhkan pelembab atau krem malam ataupun basis krem. Yang dibutuhkan oleh mereka adalah nutrisi untuk kulit yang digunakan basis gel atau serum. Penggunaan krem malam secara berlebihan justru dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga bisa timbul blackhead jerawat, sel-sel kulit yang mati tertimbun dan lengket pada kulit, kulit akan terlihat kusam, kasar dan tebal (karena pengelupasan sel-sel kulit secara alamiah tidak terjadi). Hal ini juga mengakibatkan terjadinya penurunan kekebalan kulit sehingga proses penyembuhan akan terhambat. Basis krem yang dipakai secara berlebihan hanya akan mencegah atau memperlambat proses penyembuhan dan perbaikan akibat kerusakan yang telah terdapat pada kulit. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kulit Mulus Bebas Jerawat
  2. Perlu Anda Ketahui Tentang Hair Extensions
  3. Fakta Tentang Bercukur
  4. Cara Menghilangkan Stretch Mark
  5. Ber-Diet yang Sehat Yuk…
  6. Tumit Pecah-pecah? Gak lah…
  7. Inilah 5 Tips Agar Terhindar dari Bahaya Beras Mengandung Arsenik
  8. Inilah 10 Bagian Tubuh yang Cepat Menua
  9. Rawat Kacamata Anda Dong…
  10. Cegah Salah Make-Up