Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bagi beberapa orang kehidupan seksual sudah menjadi hal penting dalam kehidupan mereka, termasuk rasa puas saat berhubungan dengan pasangan. Namun kita tahu kepuasaan seks itu sangat bervariasi pada setiap orang, selain juga dipengaruhi usia dan gaya hidup. Semakin tua seseorang semakin puas kehidupan seks mereka.

Pernyataan ini didukung sebuah survei yang dirilis beberapa waktu lalu yang menyebutkan lelaki paruh baya dan usia lanjut merasa lebih puas dengan kehidupan seks mereka, dibanding perempuan pada usia yang sama.

Mayoritas mereka yang telah menikah atau yang telah memiliki pasangan tetap melakukan aktivitas seksual di paruh kedua sepanjang hidup mereka, menurut hasil survei yang dilakukan pada 27.500 orang pada kisaran usia 40 sampai 80 tahun di 29 negara.

“Usia ikut berperan dalam kehidupan seksual, meskipun tak begitu besar pengaruhnya, karena ada banyak faktor yang berperan seperti masalah kesehatan atau depresi yang memiliki dampak paling dominan,” jelas Edward Laumann dari University of Chicago dalam sebuah wawancara telepon.

Survei yang dimuat di Archives of Sexual Behavior ini menganalisa kehidupan seksual, kesehatan dan kebahagiaan pada lelaki lanjut usia.

Dalam studi tersebut ditemukan proporsi dalam jumlah besar pada orang usia lanjut di Eropa, Amerika Utara, dan Australia, dimana lelaki dan perempuan memiliki hubungan yang kurang lebih sama, mengaku menikmati seks baik secara fisik maupun emosi.

Sementara sejumlah kecil prosentase menyebutkan lelaki lebih menikmati kehidupan seksual mereka dibanding perempuan, terutama lelaki di negara-negara miskin yang masih memiliki budaya bahwa lelaki selalu lebih dominan dalam hubungan seks. Dalam hal ini kesenjangan gender masih tetap ada di beberapa bagian dunia.

“Ada perbedaan sistematik antara lelaki dan perempuan dimana lelaki di negara tersebut rata-rata merasa lebih puas, yaitu sekitar 10 poin lebih tinggi dibanding dengan para perempuan,” tambah Laumann .

Survei ini lebih banyak ditekankan pada pasangan yang telah menikah, meskipun ada sebuah prasangka pada beberapa partisipan yang enggan berbicara tentang seks, terutama mereka yang tinggal di negara kurang berkembang.

“Kenikmatan seks bukan bagian dari sebuah ‘cerita’, sebuah pandangan budaya yang masih konservatif dalam melihat sebuah hubungan seksual. Hal tersebut masih banyak dijumpai di beberapa negara Timur seperti Cina, Indonesia, Jepang, Taiwan dan Thailand.”

“Memiliki seorang anak adalah alasan rasional untuk berhubungan seks, namun banyak perempuan masih menganggap seks itu kotor, hanya sebagai sebuah ‘kewajiban’ dan sesuatu yang berlangsung terus sampai usia tertentu, biasanya berhenti pada kisaran usia 50 tahun,” papar Laumann.

Namun secara kasarnya dua pertiga orang dewasa di negara Barat mengatakan kehidupan seksual mereka sangat memuaskan, meskipun di beberapa negara mengaku lebih bahagia dibanding yang lain.

Jika empat dari lima lelaki paruh baya sampai usia lanjut di Australia menilai kehidupan seksual mereka di posisi tertinggi, namun tidak begitu halnya dengan lelaki Perancis dan Swedia yang mengaku lebih sedikit merasa puas dengan kehidupan seksnya.

Sementara di Amerika Serikat, sekitar tiga perempat lelaki dan dua pertiga wanita merasa sangat puas dengan kehidupan seks mereka baik secara fisik maupun emosional.

Sebaliknya sekitar 18 persen lelaki dan 10 persen perempuan di Jepang merespon positif pertanyaan yang berhubungan dengan kehidupan seks mereka. Sementara di Taiwan hanya 7 persen perempuan yang mau mengakui seks sebagai hal penting dalam kehidupan mereka.

“Pasangan yang tengah berkencan cenderung memiliki kepuasan seksual lebih tinggi dibanding pasangan yang telah menikah, namun saat mereka berpikir hubungan mereka hanya bersifat sementara, mereka tak akan merasakan hal positif tentang seks,” jelas Laumann yang menyatakan menikmati seks tidaklah sama dengan puas berhubungan seks, demikian menurut laporan reuters. (yz, sumber: Kapanlagi)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Seks Tanpa Orgasme, Why Not?
  2. Inilah Ciri – Ciri Fisik Orgasme Pada Pria dan Wanita
  3. Menopouse pada Lelaki
  4. Yang Mungkin Terjadi Saat Malam Pertama
  5. Latihan Beban, Seks Tambah OK?
  6. 7 Tips Tingkatkan Sperma
  7. Jenis Suara dan Bau-Bauan Yang Membuat Pria Turn Off
  8. Cemburu Bikin Gairah Berkobar?
  9. Suamiku Koq Ogah ML ya…
  10. Berani Berkata Tidak Demi Kebaikan