Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sinar matahari dapat menyebabkan kulit kering, pigmentasi, penuaan dini bahkan kanker kulit. Untuk melindungi dari ancaman tersebut diatas, penting untuk menggunakan sunscreen setiap saat. Ada beberapa istilah yang harus diperhatikan saat anda membeli sunscreen.

Angka SPF. Sunscreen melindungi kulit terhadap radiasi sinar ultraviolet (UV). Angka SPF menunjukkan banyaknya perlindungan yang didapatkan jika anda mengoleskan sunscreen. Jika anda menggunakan sunscreen dengan SPF 30 maka akan memberikan perlindungan 30 kali daripada tidak mengenakan sunscreen. Jika kulit anda menjadi merah sesudah setengah jam terpapar sinar matahari maka SPF 30 memberikan perlindungan selama 30 x 30 menit yaitu 90 menit. Sesudah itu, anda harus mengoleskan ulang agar kulit tetap terlindungi.

Sunscreen dengan SPF 30 akan memblokir 96% sinar UV dan memberikan perlindungan 2 kali daripada sunscreen dengan SPF 15. Pada kenyataannya, anda sulit mencapai kadar perlindungan seperti yang dikatakan SPF karena perlindungan yang didapatkan juga ditentukan jumlah yang dioleskan, cuaca dan jenis kulit anda. Biasanya orang mengoleskan terlalu sedikit sunscreen sehingga hasil yang didapatkan berkurang antara 50 hingga 80% dari angka SPF. Tidak ada sunscreen yang memberikan perlindungan 100% terhadap sinar UV. Semakin tinggi angka SPF maka semakin sedikit radiasi pembakaran snar matahari yang mencapai kulit. Tapi perlu diingat bahwa jumlah yang sedikit ini jika terakumulasi dapat menyebabkan kulit terbakar jika terlalu lama terkena sinar matahari langsung.

UVA. Sinar ultra violet ini menyebabkan penuaan pada kulit. Termasuk sinar gelombang panjang sehingga dapat penetrasi hingga ke lapisan dermis atau lapisan dalam dari kulit. UVA juga menyebabkan radikal-radikal bebas yang merusak elastin dan kolagen yang menyangga struktur kulit dan membantu membuat kulit terlihat muda. Sinar UVA terdapat di sepanjang tahun.

UVB merupakan sinar gelombang pendek yang hanya mengenai permukaan kulit. Dapat menyebabkan kulit terbakar dan kanker. Paling keras pada musim panas saat matahari bersinar paling panas.

Infra merah. Meski jumlah yang dipancarkan matahari tidak berbahaya, sinar infra merah membuat kulit menjadi panas sehingga rentan terhadap kerusakan sinar UVA dan UVB.

Vitamin E atau antioksidan. Vitamin E dan antioksidan di dalam sunscreen menetralkan radikal-radikal bebas yang diciptakan sinar matahari.

Photostable. Sunscreen yang pada labelnya tercantum istilah photostable yang artinya tingkat keefektifannya tidak berkurang karena sinar matahari. Sunscreen yang tidak photosable dapat kehilangan kekuatan perlindungannya.

Spektrum luas atau broad spectrum. Ingredien ini artinya sunscreen tersebut memberikan perlindungan terhadap semua sinar UVB dan sebagian besar sinat UVA. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Merawat Kulit di Rumah
  2. Atasi Rambut Rontok dengan Seledri
  3. Ihh…Mulutnya Bau
  4. Inilah 6 Tips Memilih Perhiasan
  5. Cantik dan Sehat Berkerudung
  6. Inilah 11 Makanan Pembuat Awet Muda
  7. Tampil Cantik Saat Di Foto, Begini Tips Makeupnya
  8. Cokelat Bisa Menghaluskan Kulit Lho, Berikut Caranya
  9. Rambut Sehat Meski Berkerudung
  10. Strategi Tampil Prima, part 1