Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Coklat, bagi sebagian kalangan merupakan makanan cemilan yang lumayan menggoda. Tapi ada juga yang ‘mengharamkan’ mengkonsumsi coklat dengan pertimbangan bakal membuat gemuk, penumpukan kolesterol, lemak dan sebagainya. Mungkin perlu saatnya anda tahu, bahwa coklat juga mengandung zat yang bisa membuat anda nyaman, asal dikonsumsi dalam jumlah tertentu, dijamin coklat tidak membuat tubuh anda melar.

Sebuah penelitian di Universitas Cambridge menyatakan pengaruh makan coklat bersifat psikologis. Kombinasi aroma dan rasanya membuat makan coklat menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Coklat mengandung flavonoids, komponen yang membantu memelihara kesehatan jantung, sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Coklat telah dikonsumsi suku Indian Mayan sejak 2600 tahun lalu. Christopher Columbus adalah orang yang pertama kali membawa beberapa biji coklat untuk ditunjukkan ke Raja Spanyol Ferdinand. Kemudian coklat diperkenalkan di seluruh daratn Eropa oleh Ferdinand de Soto.

Saat ini coklat tersedia dalam bentuk bubuk yang sudah di patenkan oleh Dutchman Conrad J. van Houten sejak tahun 1828. Selanjutnya Joseph Fray dari Inggris membuat bahan coklat untuk dikonsumsi pada tahun 1847.

Coklat dapat disajikan dengan berbagai cara, baik berupa makanan maupun minuman. Bahkan digunakan sebagai pelengkap perayaan beberapa hari istimewa, contohnya hari valentine dan paskah.

Ternyata banyak manfaat yang diberikan si coklat ini, sebagai bahan kosmetik dan perawatan tubuh yang berfungsi untuk melembabkan, melembutkan dan memutihkan kulit. Coklat juga baik untuk kesehatan jantung, karena mengandung antioksidan dan flavan 3-ols yang dapat menurunkan resiko kardiovaskular. Selain itu, senyawa theobromine yang terdapat pada coklat juga dapat mengobati batuk.

Banyak orang yang masih ragu mengkonsumsi coklat karena kandungan susu dan gula yang terdapat pada coklat. Apakah anda juga masih ragu menyantap coklat setelah tahu banyaknya manfaat dari si coklat ini? So…Makan coklat yuk… (dari berbagai sumber/EE)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 5 Cara Tepat Memilih dan Menggunakan Pembalut
  2. Pentingnya Cuci Tangan
  3. Meramal Datangnya Penyakit Jantung
  4. Kiat Cegah Si Varises
  5. Ingin Cantik? Harus sehat
  6. Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Sering Tertawa
  7. Ganja “Cimenk” Terbukti Efektif Kurangi Rasa Sakit Pasien Kanker
  8. Inilah Alasan Kenapa Beras Merah Lebih Menyehatkan?
  9. Tertawalah Sebelum Dilarang, Tertawa Memang Obat Terbaik
  10. Inilah 5 Jenis Penyakit yang Berasal dari Burung