Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Lada, Cabe merupakan dua jenis makanan yang bisa menimbulkan rasa pedas dimana para peneliti dari Nottingham University (Inggris) telah menjadikan khasiat kedua jenis makanan itu sebagai upaya untuk memerangi kanker. Kandungan `Capsaicin` dalam Lada misalnya bisa menyerang sel `mitochondria`.

Dengan ditemukanya kemampuan `Capsaicin` sebagai salah satu cara untuk menyerang `mitochondria` maka para peneliti berharap segera dikembangkan obat yang mampu diproduksi secara masal. Hasil penelitian tim dari `The Nottingham University` ini disampaikan melalui `Biochemical and Biophysical Research Communications`.

Dr Timoty Bates yang menjadi kepala tim peneliti menyatakan mereka sudah melakukan pengujian manfaat `Capsaicin` dalam sel kanker paru-paru manusia dan kanker prankreas. ‘Kandungan ini mampu menyerang inti dari sel kanker dan kami menyakini akan bisa memberikan dampak yang sangat fundamental,’ jelas Dr Timothy Bates. “Biochemistry dari mitochondria di sel kanker sangatlah berbeda dengan sel norma.’ Perbedaan itu menurut Dr Bates adalah kemampuan `capsaicin` menembus `apoptosis` yang tidak sama dampaknya pada sel normal.

Selain `capsaicin` kandungan `vanilloids` juga diprediksi bisa melakukan kemampuan yang sama. Apalagi jika kemudian bisa dibuat obat maka dipastikan akan ditemukan obat yang murah dan cepat dalam memprosesnya. Namun Josephine Querido dari `Cancer Research UK` mengingatkan agar hasil penelitian tidak ditelan mentah-mentah dimana kemudian dikonsumsi lada secara berlebihan dan langsung sebagai upaya untuk melindungi atau melakukan terapi atas kanker.

“Penelitian menunjukan bahwa sebuah ekstrak lada di laboratorium yang mampu memerangi sel kanker dan belum dilihat sisi dampak keamananya dan efektifitas jika diterapkan pada manusia,’ tands Josephine Queirdo. Untuk mengurangi resiko atas kanker, disarankan untuk melakukan gaya hidup sehat, diet yang berimbang dan tidak lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayuran.

Sebelumnya para peneliti dari `Cedars-Sinai Medical Center` pernah melakukan studi manfaat `Capsaicin` untuk memerangi kanker prostat dengan tikus sebagai percobaanya. Dimana hasil akhirnya ditemukan hal yang positif seperti `Capsaicin` mampu mengurangi jumlah `prostate-specific antigen` (PSA), sebuah protein yang memiliki fungsi mengembangkan kanker prostat. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Resep agar Tubuh Kebal Penyakit
  2. Yang Perlu Diketahui Tentang Leukemia
  3. Inilah Ciri – Ciri Orang Yang Rawan Kena Serangan Jantung
  4. Kiat Mencegah Cacingan
  5. Impoten Karena Tak Suka Olahraga
  6. Hati – Hati! kelebihan Karbohidrat Bisa Picu Kanker Payudara
  7. Mencuci Tangan yang Benar
  8. Apakah Anda Stres? Inilah 5 Tanda Anda Stres Berat
  9. Makanan Pedas Perangi Kanker
  10. Banyak Uang? Karena Uang Anda, Akan Merusak Kesehatan dan Hubungan