Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Aroma dan bumbu yang anda makan akan ditransfer ke dalam ASI. Bayi biasanya menikmati aroma ini dan mungkin akan menyusu lebih lama. Beberapa bayi akan mengisap lebih lama ketika aroma baru dikenalkan. Hal ini membantu mengenalkan aroma makanan keluarga pada bayi.

Warna beberapa makanan dikirim ke ASI. Sebagai contoh, asupan tinggi wortek akan membuat ASI menjadi berwarna agak oranye, ubi jalar merak mungkin membuat ASI berwarna merah muda dan bayam atau sayuran berdaun gelap yang lain memberi warna ASI menjadi hijau.

Jika bayi anda menjadi rewel setelah menyusui sebaiknya ingat kembali apa yang sudah anda makan 4 hingga 6 jam sebelumnya. Bila masih rewel juga dalam waktu yang lama maka anda patut curiga dengan makanan yang anda makan mungkin memberikan gas sehingga bayi menjadi sensitif terhadap makanan tersebut.

Umumnya kol, kacang-kacangan, brokoli yang dapat menghasilkan gas. Anda dapat mengeliminasi makanan tersebut dengan memakannya seminggu sekali atau dua minggu sekali. Kalau gejalanya muncul kembali setelah makan makanan tersebut maka cukup memakannya 2 bulan – 3 bulan sekali.

Bagi anda yang menderita alergi maka harus menghindari kacang-kacangan atau makanan beresiko tinggi menyebabkan alergi seperti susu sapi, gandum, telur, ikan, kacang selama kehamilan dan menyusui. Sayuran seperti buncis, jagung, kacang, bayam duri, kacang panjang, dan daun katuk memberi manfaat untuk membantu memperbanyak ASI.

Perbanyak makan sayuran seperti daun katuk dicampur jagung yang diiris dan dimasak bening. Akar jombang (Taraxacum officinale Weber et Winggers) juga bisa memperbanyak ASI. Caranya: cuci 30 gram akar jombangs egar, lalu potong-potong kecil. Rebus dalam 2 gelas air sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin saring dan minum sehari 2 kali, masing-masing setengah bagian. Selamat mencoba.p2t


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 7 Hal Yang Menyebabkan Nafsu Makan Anda Berkurang
  2. Hindari 7 Hal Agar Lelaki Bisa Punya Anak
  3. Tips Langsing : Makanlah Setiap 4 Jam
  4. Tangkal Virus Dengan 7 Cara Gampang!
  5. Anemia, Hantui Perempuan Usia Subur dan Balita
  6. Metode – Metode Aborsi, Lengkap Dengan Foto, Ngeri!! Stop Aborsi!
  7. Kenapa Golongan Darah Ada 4 (A, B, AB dan O)?
  8. Kenapa Anak Anda Sering Sakit? Inilah Penyebabnya
  9. Sedot Lemak, Jalan Pintas Tampil Serasi
  10. Ketombe Membandel? Jangan-Jangan Psoriasis!