Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Mau Diet Tanpa “Tersiksa” ? Ikuti 8 Tips Berikut. Berdiet bukan hal yang mudah dilakukan butuh niat dan tekad kuat. Kabar baiknya, bila ingin memangkas lemak dengan berdiet, maka ada delapan cara menyenangkan untuk melakukannya.

1. Makan lebih banyak
Kok bisa? Ternyata menurut penelitian dari Penn State University, AS, makan dengan porsi lebih besar membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Caranya adalah dengan mengasup lebih banyak sayuran dan buah. Jadi satu porsi besar sayur lebih baik dari satu porsi besar bistik ayam. Dua trik lain yang paling populer adalah mengisi setengah porsi piring dengan sayuran atau mengasup sayuran dan buah lebih dulu sebelum makan yang lain.

2. Baca label makanan
Sebuah survei dari Centers for Disease Control, AS, mengungkapkan fakta bahwa orang yang membaca label pada kemasan makanan memiliki BMI yang lebih rendah. Nah, dengan begitu Anda bisa membandingkan kandungan lemak, gula, dan lainnya. Percayalah, selalu ada pilihan yang lebih baik.

3. Potong-potong lebih kecil
Kali ini studi dari Arizona State Universty, AS, yang menelurkan fakta bahwa orang yang memotong makanannya ternyata makan lebih sedikit ketimbang yang tidak. Lain kali potong menjadi empat bagian atau dua makanan sebelum memasukkannya ke dalam mulut.

4. Nikmati waktu makan
Serangkaian studi dari University of Minnesota dan Texas A&M University, AS, menunjukkan bahwa fokus pada apa yang Anda lakukan ketika sedang makan, maka Anda akan makan lebih sedikit. Jangan makan sambil menonton TV atau film, luangkan waktu untuk benar-benar berpikir jenis makanan yang Anda makan. Nah, dengan begitu, Anda akan merasa kenyang lebih cepat.

5. Mendengarkan musik jazz
Nah, ada fakta yang mengejutkan. Baru-baru ini penelitian di Cornell University, AS, menemukan suatu fakta menarik bahwa mendengarkan musik jazz atau lagu-lagu bergenre easy listening akan membantu Anda makan sekitar 175 kalori lebih sedikit.

6. Jangan melewatkan waktu makan
Mungkin Anda sudah sering mendengar betapa buruknya dampak yang muncul jika Anda melewatkan waktu makan, misalnya sarapan. Namun penelitian baru-baru ini yang juga digelar oleh Cornell University menunjukkan, jika melewati satu waktu makan, maka Anda akan makan 20 persen lebih banyak. Buruknya, saat makan, Anda tidak akan tertarik buat memilih sayuran dan protein yang sehat. Sebagai gantinya, Anda akan terjebak pada karbohidrat dan lemak.

7. Minum air dingin
Banyak kabar yang berseliweran bahwa minum air dingin justru akan mengeraskan lemak. Namun menurut Jennifer Wider, MD, banyak ahli kebugaran percaya bahwa air dingin dapat membantu Anda membakar kalori lebih dan memperlancar metabolisme. Sebab, saat masuk ke dalam tubuh, suhu air harus sama dengan temperatur tubuh. Untuk itu, tubuh membakar lemak agar air lebih hangat. Tapi perlu diingatkan, minum air dingin tidak membakar lemak banyak, tetapi bisa membantu mempercepat proses metabolisme tubuh. Jennifer Lopez juga mengatakan kalau ia termasuk orang yang rutin minum air dingin.

8. Jangan lihat foto junk food
University of Southern California meneliti bahwa tampilan foto menu makanan yang tinggi kalori seperti cupcakes, burger, atau soda membuat otak Anda mengidamkannya. Jadi jangan belanja mata saat di restoran atau di toko kue.

Sumber: Cosmopolitan, kompas.com