Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Mau Terbebas Jeratan Utang ? Ikuti 6 Tips Berikut Ini. Kendalikan utang Anda sekarang juga, sehingga hidup Anda terkendali. Jika Anda memiliki resolusi melunasi utang dan memulai hidup dengan keuangan yang lebih seimbang tahun ini, mari perhatikan cara-cara berikut:

1. Buat daftar
Kumpulkan semua tagihan Anda, seperti laporan kartu kredit, kredit mobil, dan kredit pemilikan rumah (KPR). Bila perlu, hubungi juga pemberi pinjaman dan tanya lengkap mengenai utang Anda. Daftar semua utang Anda, bersama dengan pembayaran minimumnya.

2. Pilih prioritas
Setelah membuat daftar utang, pilih salah satu dan fokuskan untuk dilunasi. Anda bisa memilih utang dengan bunga tertinggi atau utang dengan jumlah terkecil. Secara matematis, membayar utang berbunga tertinggi merupakan yang paling masuk akal. Namun secara motivasi, berfokus pada utang yang terkecil membuat utang Anda lunas dengan cepat. Sehingga Anda bersemangat melunasi utang yang lain. Kemudian, bayarlah cicilan minimum pada semua utang lainnya. Sisihkan sepuluh persen pendapatan bulanan Anda untuk melunasi utang.

3. Gunakan metode bola salju
Setelah melunasi utang pertama, berfokuslah pada utang berikutnya dalam daftar. Menambahkan jumlah cicilan utang yang lama pada cicilan utang yang tersisa, disebut membuat bola salju. Hal tersebut merupakan cara bagus untuk melunasi utang.

Anda akan terbiasa membayar utang sejumlah besaran utang pertama. Namun ketika utang pertama telah lunas, tetap keluarkan sejumlah uang yang sama untuk membayar utang kedua dan seterusnya.

4. Mencari uang tambahan
Lacaklah pengeluaran Anda, mungkin Anda sendiri akan terkejut. Seperti ketika Anda memutuskan membatalkan keanggotaan gym dan mulai lakukan jogging. Tarif keanggotaan gym rata-rata Rp450 ribu per bulan. Jika uang tersebut Anda alokasikan untuk membayar utang selama enam bulan, maka utang Anda akan terlunasi hingga Rp2,7 juta.

Anda juga bisa melakukan segala upaya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, agar lebih cepat membayar utang. Cari pekerjaan sampingan yang tidak menggangu pekerjaan utama, seperti berjualan cemilan di kantor, memberikan les piano atau menjual masakan buatan sendiri.

5. Tutup kartu kredit dan mulai menyusun anggaran
Setiap keluarga yang terjerat utang sudah sepantasnya mulai menutup sumber utang utamanya, yaitu kartu kredit. Anda harus mulai terbiasa hidup dengan uang yang ada. Caranya, mulailah menyusun anggaran, mulai dari pendapatan hingga pengeluaran. Anggaran tersebut harus dipatuhi setiap hari, karena isinya harus mencakup keseluruhan pengeluaran, mulai dari belanja bahan pokok hingga anggaran ponsel dan hiburan.

6. Tentukan prioritas
Sementara Anda berusaha menghapuskan utang sambil merencanakan masa depan, Anda juga harus tahu mana yang jadi prioritas. Jangan sampai tujuan menghapuskan utang ternyata hanya untuk tujuan tidak penting. Contoh-contoh prioritas yang bisa anda kejar, yaitu biaya kuliah lanjutan, biaya bayi, uang muka rumah dan lain-lain.

sumber: metrotvnews.com