Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Saat anda ingin mengenakan busana, ternyata anda melihat ada guratan pada bagian paha anda. Jika kulit mengerut seperti alur kulit jeruk maka menandakan selulit sedang bersarang pada kulit anda. Selulit yang berupa gumpalan halus atau kecil pada bagian tubuh tertentu dapat langsung terlihat.

Hal ini terjadi akibat penimbunan lemak disertai cairan dan sisa metabolisme tubuh pada jaringan di bawah kulit. Selulit biasanya akan muncul pada area paha, lengan, perut, pinggang dan bokong. Untuk menghilangkannya memang sulit tetapi jika anda bisa mengubah gaya hidup maka masalah ini akan terselesaikan.

Jika anda tidak ingin terkena selulit sebaiknya anda pertahankan berat tubuh agar tetap stabil. Karena bila timbangan tubuh anda turun naik secara drastis maka akan memicu selulit untuk muncul. Hal ini diakibatkan pada saat timbangan anda turun, selulit hilang dan pada saat timbangan naik maka ruang kosong itu akan terisi kembali. Sebenarnya ada beberapa penyebab munculnya selulit, simak berikut ini.

Sirkulasi darah yang kurang lancar yang disebabkan kurangnya aktivitas atau penggunaan busana yang ketat dan sikap tubuh yang salah. Kondisi pembuluh darah kapiler yang rapuh sehingga menyebabkan terjadinya perembesan cairan ke dalam jaringan.

Faktor hormonal. Tujuh puluh lima persen selulit diakibatkan oleh kelainan hormonal ini, akibat terjadinya penahanan air yang biasanya menyertai saat sebelum atau sedang menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB atau menopause.

Bentuk tubuh (body type). Perempuan memiliki bagian-bagian tubuh dengan jaringan di bawah kulit yang sangat longgar dan tebal seperti perut bawah dan panggul. Dengan demikian, lemak akan sangat mudah menyusup ke jaringan-jaringan tersebut serta jika tubuh kurang bergerak.

Pola makan yang buruk, seperti mengkonsumsi makanan yang telah diproses (yang miskin bahan nutrisi tetapi kaya “lemak”), gula dan garam, cara makan yang salah. Seperti makan terlalu cepat dan tidak dicerna dengan sempurna, minimnya konsumsi sayur dan buah-buahan segar serta kurangnya cairan.

Stres. Seseorang yang mengalami stres akan mempengaruhi fungsi pencernaan, pembuangan racun, sirkulasi, pola tidur dan tingkat energi untuk perbaikan sel serta jaringan tubuh.

Perawatan selulit secara alami. Sudah dikenal cara menyamarkan selulit dengan menyuntikkan obat pada bagian tubuh tempat timbul selulit (mesotheraphy) tetapi perbaikannya bersifat sementara. Cara alami menghilangkan selulit adalah dengan minyak esensial sebagai medianya.

Perawatan ini disebut medical aromatherapy karena penggunaan minyak esensial bukan hanya untuk perawatan kecantikan saja melainkan untuk penyembuhan penyakit, di bawah supervisi dokter ahli aromatologi dengan mempertimbangkan penyakit sistemik yang mendasari sifat atau karakter atau kepribadian, pola makan dan pola hidup individu.

Secara ilmiah telah dibuktikan bahwa molekul minyak esensial dapat menembus jaringan kulit untuk selanjutnya diserap aliran darah. Minyak esensial banyak digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit, dan membentuk sel-sel baru.

Molekul minyak ini dapat menembus jaringan ekstraseluler sampai ke aliran limfe, untuk membuat fungsi sel-sel secara keseluruhan menjadi lebih sehat, kuat sehingga pembuluh limfe dan pembuluh darah vena dapat dengan lancar mengangkut hasil pembuangan yang tidak bermanfaat di dalam tubuh dengan lebih sempurna. Minyak esensial dapat digunakan untuk mengaktifkan indera penciuman kita, sebelum akhirnya mengirimkan sinyal ke otak untuk mempercepat proses detoksifikasi.

Beberapa jenis minyak esensial yang telah terbukti dapat memberi efek meningkatkan metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah dan getah bening. Detoksifikasi sekaligus relaksasi hingga menumpas selulit adalah grapefruit(jeruk besar), bunga lavender, geranium, rosemary (sejenis rempah daun), lemon, oregano, juniper, cedar wood fennel, cypress, celery, thyme, sage, basil, orange, lime,lemon grass dan pettigraine.

Perawatan tanpa suntikan ini sebaiknya anda konsultasi dengan ahlinya. Dengan begitu, dokter akan memilihkan minyak esensial yang sesuai dengan kebutuhan anda. Biasanya anda akan ditanya tentang gaya hidup, pola makan, olahraga dan bagaimana anda menghadapi stres. Sehingga sang ahli dapat menelusuri penyebab sumber pencetusnya. Jadi mulailah anda atur pola makan dan gaya hidup anda agar tubuh anda tidak dihinggapi selulit. Selamat mencoba. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Beberapa Tips Cantik
  2. Treatment for Sensitive Skin
  3. Wajah Berseri dengan Bikram Yoga
  4. Cuma 2 Ini Masalah Dalam Hidup Perempuan ?
  5. Atat penumbuh rambut dengan teknologi laser
  6. Kenali Berbagai Hair Removal
  7. Bahaya Make up di Counter Kosmetik
  8. Vitamin Pendukung Bagi Kulit
  9. All About Spa, part 2
  10. Hal-Hal Penting Seputar Operasi Kecantikan