Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Toksoplasmosis adalah infeksi yang diakibatkan oleh sejenis parasit toksoplasmogondii yang biasa terdapat pada bulu kucing. Parasit ini dapat menginfeksi kandungan, jika Ibu hamil mengkonsumsi daging setengah matang, buah-buahan atau sayuran yang tercemar tinja kucing yang mengandung oosit. Selain melalui kandungan, virus ini dapat menular lewat transfusi darah dan transplantasi organ.

Karena itu, begitu anda positif hamil sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, apakah tubuh anda telah memiliki kekebalan terha-dap toksoplasmosis. Semakin awal toksoplasmosis menyerang kehamilan anda, semakin besar dampak yang ditimbulkan pada janin anda.

Sebagai gambaran, parasit tersebut menginfeksi ibu hamil pada trimester I kehamilannya, maka kemungkinan janin terinfeksi parasit tersebut adalah sebanyak 17 persen. Sekitar 60 persen dari janin yang terinfeksi tersebut mengalami toksoplasmosis berat dan 40 persen sisanya ringan.

Tapi jika infeksi tersebut menyerang pada trimester II kehamilan, maka peluangnya terkena infeksi sebesar 24 persen. Dari jumlah ini, 30 persen terkena toksoplasmosis berat. Dan jika menyerang pada trimester III kehamilan, maka kemung-kinan bayi terinfeksi parasit tersebut adalah 62 persen. Namun dari jumlah itu tidak satupun yang menderita toksoplasmosis berat.

Langkah Pencegahan
Agar ibu hamil terhindar dari infeksi toksoplasmosis, ikuti langkah-langkah pencegahan infeksi sedini mungkin:

Periksakan kucing atau binatang piaraan yang ada di rumah Anda ke dokter hewan, untuk mengetahui apakah binatang tersebut terinfeksi parasit toksoplasma secara aktif atau tidak

Apabila kucing atau binatang piaraan tersebut berada pada masa penularan aktif (sekitar 6 minggu), titipkanlah binatang piaraan tersebut pada tempat penitipan binatang piaraan.

Jangan biarkan kucing atau anjing makan daging mentah, pergi ke luar rumah, berburu tikus atau burung, dan bermain dengan kucing atau anjing lain.

Jangan mengadakan kontak langsung, baik dengan kandang maupun kotoran hewan piaraan. Mintalah orang lain untuk membersihkannya. Jika terpaksa harus membersihkan sendiri, pakailah sarung tangan, dan cucilah tangan anda sampai bersih. Karena virus tersebut sangat aktif, jangan lupa untuk membersihkan kandang setiap hari.

Perkembangan pesat janin pada awal bulan ke-7 terjadi pada sistem saraf pusatnya, terutama pada otaknya. Bagian otak yang mengalami perkembangan paling pesat adalah bagian yang mengelola proses penyampaian informasi kepada organ pendengaran serta penglihatan.

Perkembangan ini memungkinkan si kecil mampu mengenali dan membedakan antara suara sang ibu dan anggota keluarga lainnya, meskipun suara yang didengar belum sejernih suara aslinya.

Kelopak matanya juga telah dapat membuka dan menutup. Bola matanya telah dapat digunakan untuk melihat. Bila si ibu berdiri di tempat yang cukup terang, si kecil dapat melihat siluet benda-benda di sekitar ibunya.

Hindari mengkonsumsi daging mentah atau minum susu yang belum disterilkan. Cuci sampai bersih sayuran dan buah-buahan sebelum Anda konsumsi. Segeralah berobat ke dokter bila ternyata Anda terinfeksi parasit toksoplasma. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pilah-Pilih Lensa Kontak
  2. Fakta Tentang HIV dan AIDS
  3. Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, part 1
  4. Inilah 6 Tips Memilih Minuman Kemasan yang Aman
  5. 6 Makanan Berikut Merangsang Otak, Meningkatkan Hormon dan Vitalitas,
  6. Tetap Sehat Meski Merokok
  7. Gigi Berlubang Dapat Sebabkan Kista
  8. Sehat Dengan Makan Daging
  9. Inilah 6 Cara Pengobatan Penyakit Yang Tidak Lazim
  10. Makanan Anti Gemuk