Pulpen Promosi


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



PRIORITAS persiapan:

  1. Tujuan. Mau kemana? Apakah tempat umum atau tempat keluarga. Menginap atau tidak.
  2. Perjalanan. Naik apa? – naik kendaraan pribadi / transportasi umum? Lama perjalanan?
  3. Makan/minum. Diet? Bawa sendiri? Beli jadi? Masak ?
  4. Perlengkapan yang diperlukan. Menginap atau tidak? Berapa lama menginap? Kegiatan selama menginap? Bermain di tempat seperti apa?

Guna mendapatkan peran serta anak autistik secara penuh, sedapat mungkin minta mereka menetapkan pilihan tujuan perjalanan liburan. Akan ke laut, ke hotel, ke kota lain naik kendaraan umum (kereta api, bis, pesawat, kapal laut), ke rumah nenek, menginap di gunung? Bila mereka sudah menetapkan pilihan, berbagai hal dengan mudah bisa dirancang.

Yang paling penting, kita sebagai orangtua, melepaskan semua identitas dan keinginan karena kita sebaiknya fokus pada kebutuhan autistik. Dengan demikian kita tidak mengalami stress yang berlebihan.

Tips:

  1. Berhari-hari sebelum berangkat, buat sebuah cerita yang bisa diulang-ulang dibacakan (dengan beberapa gambar) untuk menjelaskan apa yang akan dijalani pada hari tertentu. Misal, judul cerita adalah “pergi ke dunia fantasi”. Cerita tersebut, selain berisikan hal-hal yang dapat dilakukan disana, juga mencantumkan hal yang ‘tidak boleh’ dilakukan.
  2. Ikuti jam makannya dan kebiasaannya, daripada mengikuti kebiasaan Anda. Anak yang gelisah karena lapar menjadi tidak koperatif sehingga sulit diatur. Sementara itu, kita dengan mudah menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang agak berubah.
  3. Bila berniat untuk menginap, pastikan kita membawa berbagai keperluannya untuk bisa tidur dengan nyaman. Bila ia terbiasa ‘menggesekkan’ telapak kaki ke dinding (misal), upayakan agar ia bisa juga melakukannya di hotel (dengan modifikasi posisi tidur). Jangan lupa ‘perlengkapan’ yang biasa ia pakai untuk tidur dengan nyaman.
  4. Bawa berbagai hal yang dapat mengalihkan perhatiannya dari keadaan ‘baru’ yang kurang nyaman baginya. Misalnya ia suka gameboy, bawa extra permainan. Atau bawa portable vcd player dan kaset vcd untuk ia tonton selama perjalanan yang membosankan. Bisa juga membawa berbagai buku, alat main, pensil gambar, buku kegiatan dsb.
  5. Pastikan pakaian yang dibawa tidak kurang, dengan membawa lebih sekitar 2-3 pasang dari rencana acara yang akan dijalani. Hal ini lebih-lebih lagi bila acara libur di daerah ‘basah’ (dingin’ gunung, laut ‘ air) atau pada saat cuaca sedang tidak ramah.
  6. Bila memang akan melakukan hal yang ‘berbeda’ dan ‘baru’ daripada biasanya, upayakan melakukan simulasi sebelum sungguh-sungguh berangkat. Misal, belum pernah antri untuk waktu panjang sebelum ke DUFAN, rekayasakan situasi dimana mereka perlu antri ! Bila belum terlatih untuk buang air di toilet umum (duduk maupun jongkok), lakukan hal ini berulang kali sebelum perjalanan sesungguhnya dilaksanakan.

Terakhir ingat bahwa ini adalah LIBURAN untuk anak-anak. Jadi kalau mereka sudah merasa ‘tidak nyaman’, upayakan untuk segera melakukan perubahan seperlunya. Jadi jika liburan (entah karena apa) sudah terasa kurang nyaman bagi mereka, segeralah pulang meski itu lebih cepat daripada rencana semula. Yang penting Anda sudah mencapai satu tujuan: membuat acara liburan menyenangkan bagi anak. Menyenangkan bagi mereka ! (meski tidak selalu bagi Anda).

sumber: autisme.or.id

Sela waktu dikantor, isi dengan berTrading Forex di Marketiva

1. Membuka Account Gratis. Daftar Disini!
2. Mendapat $5 Gratis.
3. Hanya dengan $1 sudah bisa bertrading.
4. Keamanan yang cukup bagus.
5. Memperoleh Software untuk bertrading secara real time.
6. Tersedia support berbahasa melayu.
7. Mendapatkan uang virtual, untuk latihan trading.

Tutorial 1 | Tutorial 2 | Tutorial 3 | Tutorial 4 | Tutorial 5
Tutorial 6 | Tutorial 7 | Tutorial 8 | Tutorial 9 | Tutorial 10

Download Ebook Gratis


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Cara Mengobati Penyakit Jantung Bawaan Anak Tanpa Operasi
  2. Inilah 4 Kesalahan Ortu Terhadap Anak
  3. Anak juga Bisa Menderita Diabetes
  4. Tips : Jangan Keliru Mengompres Anak Demam
  5. Cara Memilih Mainan Untuk Anak Anda
  6. Tips Memandikan Bayi
  7. Makanan Berikut, Bikin Anak Tambah Cerdas
  8. Ajarilah Anak Anda Untuk Menabung
  9. Inilah 4 Tips Memilih Mainan Anak yang Aman
  10. Umur Berapakah Anak Boleh Makan Pedas?