Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Jika berbicara soal perawatan kecantikan seringkali terlintas dalam pikiran hanya kulit wajah dan tubuh. Padahal bagian lain seperti kulit sekitar matapun tidak kalah pentingnya karena biasanya bagian kulit yang pertama kali menampakkan tanda-tanda ketuaan seperti timbulnya kerutan halus maupun tanda kulit mengering.

Hal ini terjadi karena daerah ini sering kali diabaikan. Perlu diingat kulit daerah mata merupakan kulit yang paling tipis, sensitif dan kandungan kelembabannya paling rendah dibanding kulit wajah lainnya.

Menurut penelitian di Amerika Serikat pada tahun 1987 diketahui bahwa otot mata bergerak sekurangnya 100.000 kali dalam sehari! Ini menyebabkan sering terjadi kerutan, garis halus, lingkaran gelap di kantung mata dan mata yang nampak sembap ataudan tidak segar.

Masalah kulit seputar mata ini termasuk masalah kulit yang paling susah ditangani karena harus ditangani satu persatu. Berbeda dengan kasus pada kulit wajah maupun tubuh yang bisa diselesaikan secara bersamaan. Seperti kulit yang berjerawat dan berminyak bisa ditangani secara bersamaan hanya dengan satu langkah.

Masalah yang paling sering ditemukan pada kulit seputar mata adalah masalah kerutan dan kelopak mata yang sembab dan anda harus merawat satu persatu. Hal ini disebabkan karena pelembap untuk menghilangkan kerutan mengandung bahan pelembap dapat menyebabkan sembap di kelopak semakin tampak. Sedangkan bahan yang dapat meredakan sembap akan bekerja dengan cara menarik kelembapan yang ada hingga kerutan pun semakin terlihat.

Melihat kedua kasus tersebut bukan berarti anda memutuskan untuk tidak merawat kulit sekitar mata karena tanpa perawatan tepat masalah kulit seputar mata akan semakin memburuk.

Perawatan terbaik bisa anda coba untuk menggunakan dua macam pelembap mata yang berbeda yaitu digunakan saat pagi hari sedangkan yang lainnya untuk malam hari.
Pelembap siang hari teksturnya ringan dalam bentuk lotion maupun jeli yang mengandung atau dikombinasikan dengan tabir surya untuk mencegah timbulnya penuaan di kulit mata.

Sedangkan untuk malam hari teksturnya lebih berat dalam bentuk krim dan dapat dikombinasikan dengan AHA ataupun retinol untuk mempercepat pergantian sel kulit. Retinol inipun dapat meringankan tampilan lingkaran gelap di bawah mata dengan cara menebalkan kulit di bawah mata.

Kulit seputar mata sangat tipis dan rapuh maka anda harus memperhatikan penggunaan pelembab secara tepat. Gunakan pelembap pada kulit seputar mata setelah dibersihkan dan sebelum merias wajah anda. Kecuali jika anda menggunakan pelembab untuk mengempiskan sembab mata. Untuk pelembap jenis ini gunakan setelah merias wajah sesudah foundation dan concealer agar tidak ‘terhapus’ oleh produk rias wajah.

Karena sifat kulit seputar mata yang rapuh sebaiknya anda bubuhkan pelembab hati-hati tanpa tekanan dengan cara menepuk-nepukkan pelembap pada kulit dengan ringan. Gunakan jari kelingking maupun jari manis sehingga tekanan tidak terlalu besar. Bubuhkan dengan gerakan melingkar dari sudut dalam mata ke luar. Akhiri pembubuhan dengan menepukkan jari di bawah mata untuk merangsang kulit serta memaksimalkan penyerapan pelembap ke dalam kulit. Selamat mencoba. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Treatment for Sensitive Skin
  2. Mata Cantik dan Seksi
  3. Tips Agar Gigi Putih Kinclong
  4. Kandungan Kimiawi untuk Kulit, part 1
  5. Lensa Kontak
  6. Haluskan Kulit Tubuh Secara Alami
  7. Tetap Cantik di Akhir Pekan
  8. Koreksi Kesalahan Make up Mata
  9. Rahasia Merawat Rambut Berminyak
  10. Brave with Red