Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Beberapa penyakit ginekologi dan gangguan fungsi reproduksi perempuan merupakan masalah serius dalam masyarakat kita. Dulu yang menjadi masalah adalah kanker leher rahim, penyakit mola dan kemandulan.

Kini, kita mengenal lebih banyak jenis kanker, termasuk kanker payudara, serta lebih sering terjadinya keguguran dan kemandulan. Belum lagi masalah infeksi, termasuk HIV dan perkosaan. Peluang terjadinya problem-problem itu dapat dicegah dan ditekan sekecil mungkin bila para wanita memenuhi tiga hal berikut.

Mengenal organ reproduksi dan fungsinya melalui pendidikan seks. Jangan segan-segan meminta penjelasan dokter tentang organ reproduksi. Bukan cuma vagina, rahim, saluran dan indung telur, tetapi juga daerah selangkangan (perineum) dan payudara. Dengan pengetahuan ini, dua hal selanjutnya, yakni memelihara kebersihan diri dan kebersihan dalam berhubungan seksual serta melakukan upaya preventif, dapat dilakukan dengan baik.

Memelihara kebersihan diri dan kebersihan dalam berhubungan seksual. Langkah ini untuk mencegah infeksi atau masuknya kuman melalui saluran reproduksi. Infeksi sering menjadi penyebab kemandulan.

Melakukan upaya pencegahan khusus
Tujuannya, untuk menemukan atau mendeteksi beberapa kelainan. Juga untuk menekan biaya pengobatan bila terjadi infeksi, kemandulan atau biaya operasi maupun kemoterapi untuk kanker. Berbeda dengan penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan memelihara kebersihan, beberapa penyakit saluran reproduksi tidak dapat dihindari. namun, kemajuan bidang kedokteran telah memungkinkan penyembuhan (diantaranya sampai tuntas), asalkan penyakit segera ditangani.

Contohnya, tumor payudara, kanker leher rahim, endometriosis. Selain itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara kebersihan.

Jagalah agar daerah kemaluan dan selangkangan selalu kering, terlebih bila anda tergolong gemuk. Suasana lembab sangat disukai oleh jamur.

Keputihan yang banyak dan berbau atau berwarna, biasanya disebabkan oleh kuman, lebih lagi bila disertai gatal. Ini memerlukan obat khusus. Jadi, segeralah ke dokter, bila telah bersuami, penting sekali untuk datang bersama suami.

Pencucian vagina dengan larutan khusus hanya diperlukan bila ada infeksi di daerah kemaluan.

Lakukan hubungan seksual hanya dengan satu orang. Sering berganti pasangan seksual akan menambah kemungkinan terinfeksi. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Tips / Cara Hindari Sakit Pinggang
  2. Hati – Hati! Tidak Semua Mata Cocok Dengan Lensa Kontak
  3. Inilah 4 Tips Agar Anak Tidak Dehidrasi Saat Berpuasa
  4. Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, part 1
  5. Deteksi Awal Kanker Payudara
  6. 8 Efek Samping Jika Sering Menelan Odol
  7. 10 Manfaat Bercinta Secara Teratur
  8. Inilah 10 Tanda Awal Gangguan Jantung, Jangan Disepelakan!
  9. Inilah 9 Tips Tampil Segar dan Fit Selama Ibadah Umrah
  10. Ternyata Mendingan Tempat Duduk Kloset Daripada Keyboard