Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Seorang pasien peserta program kesehatan usia lanjut di Pusat Gaya Gidup Sehat Thomson Hospital, Singapura, yang sudah berusia 75 tahun, memilih kritera sehat dengan sendiri, yaitu bangun tiap pagi dengan ereksi. Hal ini tidaklah salah, sebab memang ada banyak ciri yang menandakan kebugaran seseorang.

Ereksi di saat bangun pagi memang umum terjadi pada lelaki usia remaja dan dewasa. Namun, bagi lelaki lanjut usia, apalagi yang sudah diakrabi dengan berbagai penyakit yang terkait dengan penuaan seperti hipertensi, diabetes dan berbagai gangguan kardiovaskuler, memperoleh ereksi bisa jadi adalah suatu perjuangan yang bisa membuat putus asa. Karena itu, alangkah bahagianya lelaki berusia 75 tahun tadi bisa selalu ereksi setiap bangun pagi.

Meski umum terjadi, penyebab ereksi di saat bangun pagi pada lelaki belum diketahui secara pasti. Karena kejadian ereksi itu tidak didahului dengan perangsangan dan didorong oleh nafsu birahi, para ahli menduga ereksi tersebut merupakan buah dari berfungsinya seluruh organ tubuh yang bekerja secara optimal di kala kita sedang istirahat, lahir dan batin.

Kemampuan kerja secara optimal itu dengan sendirinya membutuhkan organ-organ yang sehat, aliran darah lancar dan batin yang tidak tertekan. Satu saja dari ketiga unsur ini tidak terpenuhi, ereksi akan sulit terjadi.

Menurut Dr. Cheng Wei Chen, anggota pendiri “International Society of the Study of Aging Male”, Chairman “Thomson Medical Group” dan Ketua Panel Medis Program Kesehatan Usia Lanjut di rumah sakit tersebut, berpendapat bahwa sehat bugar berarti memiliki fungsi tubuh yang sehat dan berenergi.

Kondisi tersebut bisa dicapai dan ditandai antara lain, tidur cukup selama kurang lebih delapan jam sehari, makan cukup, tidak berlebihan, berhati-hati dalam memilih makanan, memastikan buang air besar dan kecil secara normal, lalu harus cukup berolahraga, harus cukup istirahat dan rekreasi, menyantaikan pikiran dan tubuh serta jika menikah, lakukan hubungan seks yang normal dan sehat. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kini, Aborsi Kian Mudah Dilakukan
  2. Mengenali Garam Dapur
  3. Aturan Makan Mi Instan, Agar Tehindar dari “Racunnya”
  4. Rematik Atau Nyeri? Inilah Bedanya
  5. Tips Terhindar Dari Penyakit Stroke
  6. Si Gemuk Rentan Kanker Payudara
  7. TBC Terbuka di Kantor
  8. Sehat Dengan Makan Daging
  9. Inilah 12 Pertanyaan dan Jawaban Terpopuler Soal Haid
  10. Manfaat Serat Dalam Makanan