Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Di antara sekian macam buah, apel menjadi salah satu buah yang banyak digemari. Rasanya yang menyegarkan dan mudah diperoleh membuat buah ini akrab di lidah siapapun, baik tua maupun muda. Namun, siapa yang menyangka di balik semua itu, buah yang menjadi sumber inspirasi bagi Isaac Newton saat menciptakan hukum gravitasi ini menyimpan beragam manfaat bagi manusia.

Kandungan kalium, natrium, kalori (dalam ukuran rendah) dan kandungan vitamin C yang tinggi menjadi alasan yang cukup kuat sehingga mengonsumsi buah ini sangat dianjurkan. Adapun manfaat apel lainnya adalah berikut ini, seperti yang disarikan dari KCM.

Apel dinilai mampu menurunkan risiko kanker paru-paru dan kanker usus berkat zat flavonoid yang terkandung didalamnya. Flavanoid dinilai dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas atau molekul tidak stabil yang timbul karena proses kimia normal tubuh dan pengaruh lingkungan lain (misalnya polusi udara), zat inilah yang kemudian melindungi kerusakan sel paru-paru karena polusi tadi.

Bagi yang tengah bermasalah dengan kolesterol, apel bisa menjadi salah satu solusi. Zat antioksidan yang tinggi di dalamnya dinilai efektif melawan “kolesterol jahat” atau LDL (low density lipoprotein) dalam tubuh, dan pada waktu yang sama juga membantu meningkatkan “kolesterol baik” atau HDL (high density lipoprotein).

Antioksidan adalah zat pencegah radikal bebas yang menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Kandungan serat yang tinggi dalam apel menjadikan buah ini sangat baik untuk pencernaan dan dianjurkan untuk masuk dalam menu mereka yang berdiet. Kandungan serat yang tinggi tentu juga dapat menghindari muncul rasa lapar lebih cepat, faktor inilah yang membuat apel dapat membantu anda saat hendak menurunkan berat badan. Penelitian di Cornell University menemukan bahwa apel yang masih segar mampu mencegah munculnya penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dan parkinson. Diduga hal ini adalah berkat zat antioksidan di dalam apel. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kebiasaan Menggigit Kuku Rentan Turunkan IQ Anak!
  2. Mampukah Buah Sirsak Sembuhkan Kanker?
  3. Harus Bijak Konsumsi Vitamin C
  4. Penyakit EV71 Sudah Ada di Indonesia Sejak 2006
  5. Telur dan Susu Sumber Protein yang Baik
  6. Ketahui Batas Aman Pengawet Mie Instant
  7. Kiat Waspadai Demam Berdarah
  8. Aneka Penyakit Akibat Garam Dapur
  9. Kolesterol Tak Turun Meski Diet
  10. Seputar Kanker Leher Rahim