Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Osteoporosis adalah suatu penyakit yang menyerang metabolisme tulang yang ditandai penurunan densitas tulang. Gaya hidup yang tidak sehat adalah pemicu terjadinya keropos tulang.

Mengkonsumsi daging merah secara berlebihan ternyata dapat meningkatkan resiko osteoporosis. Hal ini disebabkan daging merah dapat menghasilkan asam tertentu di dalam tubuh. Sehingga akan bertahan dalam tulang, dan akibatnya terjadi pelepasan kalsium dari dalam tulang. Hilangnya kalsium dalam tulang berakibat pada pengurangan massa tulang yang berujung pada osteoporosis.

Agar terhindar dari osteoporosis sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang berkalsium. Biasanya sumber kalsium yang baik terkandung pada susu, yogurt, keju, mentega atau sejenisnya. Tak perlu takut gemuk jika minum susu atau yogurt segelas setiap hari dan sebaiknya pilihlah susu yang bebas lemak.

Anda harus mencukupi kebutuhan vitamin D dengan cara berjalan-jalan di bawah sinar matahari antara pukul 07.00-08.30 dan 15.00-16.30. Sinar ultraviolet dapat mengaktifkan kembali bentuk tidak aktif dari vitamin D yang terdapat pada kulit anda.

Selain itu, kebiasaan malas bergerak akan menurunkan kekuatan otot, yang pada akhirnya akan menurunkan pula kepadatan massa tulang. Lakukan olahraga yang terbaik untuk meningkatkan kekuatan tulang, antara lain jalan kaki, tai-chi, dansa dan angkat beban.  p2t


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Di China Kanker Bisa Disembuhkan
  2. Penyakit Jantung Terkait dengan Kemerosotan Mental
  3. Hindari 4 Kebiasaan Berikut Agar Tetap Awet Muda
  4. Jaga Kesehatan Otak Anda
  5. Cegah Kanker Payudara Dengan Ciplukan
  6. Inilah 6 Dampak Buruk Bila Kebanyakan Tidur
  7. Inilah Sumber Radiasi Berbahaya Disekitar Kita
  8. Inilah 10 Pekerjaan Terburuk untuk Paru-paru Anda
  9. Pilih Normal atau Caesar ? Bayi Lahir Caesar Berisiko Tinggi Asma dan Alergi
  10. Sedot Lemak, Jalan Pintas Tampil Serasi