Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Melakukan jalan kaki secara rutin dan konsisten adalah salah satu faktor terpenting dalam membentuk program aktivitas fisik yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kira-kira 30 hingga 40 kilometer per minggu memiliki harapan hidup lebih tinggi. Jalan kaki beberapa kilometer setiap hari selama 40 menit merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Tentu saja banyak pilihan olahraga lainnya dan sebaiknya anda pilih satu olahraga yang anda sukai agar tubuh anda lebih sehat, bugar dan cantik.

Liburan. Jika anda sudah lama tidak berlibur, cobalah “paksakan” diri untuk cuti atau mengambil liburan karena memiliki banyak manfaat positif. Suatu penelitian yang dilakukan terhadap 749 perempuan yang berusia 45 hingga 64 tahun di Amerika Serikat menunjukkan bahwa ibu rumah tangga maupun perempuan pekerja yang mengambil liburan memiliki peningkatan signifikan dalam penurunan serangan jantung. Peneliti Departemen Psikologi Universitas Tennessee melakukan survei terhadap 128 karyawan sebelum dan sesudah liburan. Ternyata mereka menemukan ada peningkatan kepuasan hidup setelah liburan.

Cek kesehatan. Untuk memastikan kondisi kesehatan anda sebaiknya lakukan check-up teratur. Ada beberapa yang harus anda lakukan untuk memeriksa kesehatan anda secara teratur. Periksalah tekanan darah setiap enam bulan sekali. Tapi bila anda menderita tekanan darah tinggi atau darah rendah maka anda harus memeriksakan tekanan darah lebih sering.

Tes darah. Bila anda berusia 35 tahun ke atas maka lakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah. Fungsi tiroid. Perempuan juga sebaiknya mengecek tiroid setiap lima tahun setelah menopause. Jika anda mengalami penurunan berat badan secara drastis, detak jantung tidak teratur, insomnia, nyeri otot ini semua merupakan gejala yang disebabkan tiroid terlalu aktif. Tetapi jika anda kelelahan berkepanjangan, depresi, kulit kering dan sulit konsentrasi maka ini merupakan gejala yang menunjukkan aktivitas tiroid yang rendah.

Cek massa tulang setiap tahun sekali. Apalagi jika ada keluarga yang memiliki sejarah osteoporosis. Anda juga harus memeriksakan kesehatan kandungan secara teratur termasuk mencari metode kontrasepsi yang cocok. Periksakan diri anda dari penyakit seksual menular seperti HIV, chlamidia, gonorhea dan sebagainya.

Lakukan pemeriksaan payudara setahun sekali saat anda mulai memasuki usia 40 tahun. Namun bila ada sejarah kanker payudara dalam keluarga maka sebaiknya anda lakukan pemeriksaan lebih awal. Pemeriksaan Pap smear dilakukan untuk mengetahui kemungkinan kanker rahim. Anda juga jangan lupa untuk memeriksakan gigi anda sekurangnya enam bulan sekali.

Tertawa. Humor diyakini dapat memperbaiki suasana hati yang buruk. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan hingga 40 persen. Karena itu, mereka yakin para profesional kesehatan sebaiknya memandang humor sebagai sebuah terapi. Hal ini membuktikan bahwa dengan tertawa maka akan menjadi syarat terpenting secara klinis. Pemakaian humor untuk merangsang tertawa dapat menjadi terapi efektif menurunkan stres dan memperbaiki aktivitas sel pembunuh alami. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Praktis Deteksi Kanker Leher Rahim
  2. 7 Tips Umur Panjang, Agar Bisa Hidup Sampai Umur 100 Tahun
  3. Kiat Cegah Keracunan Makanan
  4. Waspadai Endometriosis Tanpa Gejala
  5. Inilah 6 Manfaat Kesehatan yang Didapat dengan Menikah
  6. Tips Berhenti Merokok! Konsumsi 4 Makanan Ini
  7. Kenali Gejala HIV, Inilah Tanda – Tanda Anda Terinfeksi HIV
  8. Cara Kecilkan Perut Bisa Operasi Lewat Mulut
  9. Atasi Bau Mulut Dengan Yogurt
  10. Cara Mengetahui, Apakah Payudara Anda Bemasalah?