Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Aneka rempah daun seperti daun kemangi dan daun seledri berfungsi untuk menambah citarasa dan aroma pada makanan. Kedua jenis daun ini biasanya digunakan untuk menguatkan aroma masakan seperti sop, pepes, sayur tumis, dan lain-lain.

“Selain daun-daun ini, Anda juga bisa menggunakan daun ketumbar untuk menguatkan aroma. Aroma daun ketumbar memang unik dan cukup kuat hasil masakannya, jadi lebih khas,” ungkap Chef Degan Septoadji, saat peluncuran desain baru Kecap Manis ABC Mantaap di Graha CIMB Niaga, Sudirman, Jakarta.

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui dan menggunakan daun ketumbar dalam masakannya. Sekilas, daun ketumbar ini sangat mirip dengan daun seledri, namun warna daun ketumbar sedikit lebih muda dari seledri. Namun aroma daun ketumbar lebih wangi ketimbang daun seledri.

Jika ingin menggunakan daun ketumbar sebagai penyedap masakan, Anda hanya perlu memotong atau mencincang daunnya. Pemotongan atau pencacahan ini berguna untuk mengeluarkan aroma khas dari dalam daunnya. Agar masakan menjadi lebih wangi, Chef Degan mengungkapkan bahwa Anda tak hanya bisa menggunakan daunnya ketumbarnya saja.

“Agar lebih harum dan nikmat, Anda bisa menggunakan bagian akar tanaman ketumbar ini. Dibandingkan daun, akar ketumbar punya aroma yang lebih harum dan kuat. Jadi sedikit saja akar ketumbar akan membuat masakan lebih nikmat,” tambahnya.

Sebelum digunakan, akar dan daun ketumbar ini harus dicuci sampai bersih dengan menggunakan air matang. Kemudian potong bagian akar dan ambil daunnya, dan campur ke dalam masakan.

sumber: kompas.com