Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Rambut kita masih saja rontok? Diane Berson, MD, dari Weill Cornell Medical College di New York City, memberikan kita secercah harapan dengan mengatakan, “Dari banyak kasus, masalah kerontokan rambut lah yang sepenuhnya dapat diobati.” Kenali penyebabnya, dan cara tepat untuk menolong rambut kita.

Penyebab #1 Anemia
Alasan kerontokan bisa terjadi: Akibat kurangnya zat besi sehingga menurunkan kadar sel darah merah dalam darah kita. Kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan folikel rambut.

Solusi: Cara murah dan pastinya efektif dengan mengonsumsi suplemen zat besi yang dibarengi dengan vitamin C sebagai pendukung, agar penyerapan zat besi berlangsung maksimal.

Penyebab #2 Dalam perawatan medis tertentu
Alasan kerontokan bisa terjadi: Efek samping mengonsumsi obat antidepresan, diuretik, atau pil Rx dapat membuat rambut kita menjadi rontok.

Solusi: Mengatur dosis obat yang kita konsumsi, dan cobalah untuk mencari obat alternatif lain. Namun, lakukanlah pemeriksaan ke dokter kita terlebih dahulu.

Penyebab #3 Hypo atau Hyperthyroid
Alasan kerontokan bisa terjadi: Keadaan hormon yang tidak seimbang akan meningkatkan kadar zat kimia alami tubuh, yaitu DHT yang akan “menyerang” folikel rambut kita.

Solusi: Menggunakan resep obat yang mampu membantu mengembalikan kondisi hormon thyroid kita ke level normal atau sehat.

Penyebab #4 Diet rendah lemak
Alasan kerontokan bisa terjadi: Program pelangsingan tubuh yang terlalu ketat akan membuat rambut kita mengalami kerontokan. Tidak hanya itu, diet yang tidak sehat juga akan mengakibatkan kelelahan, dehidrasi, dan kram.

Solusi: Mengisi program penurunan berat badan dengan asupan protein yang cukup setiap hari. Karena protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membuat rambut kita tetap sehat dan utuh.

Penyebab # 5 Stres
Alasan kerontokan bisa terjadi: Tingkat stres yang tinggi akan membuat folikel rambut menjadi tidak aktif atau terserang oleh sel darah putih, dan hasilnya seminggu kemudian rambut kita akan mengalami kerontokan.

Solusi: Melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, terapi, dan lain-lain. Dan, sebisa mungkin hindari stres yang berlebihan dan nantinya biarkan rambut rontok kita akan tumbuh kembali lagi.

sumber: (Astrid Anastasia/Prevention Indonesia), kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kuman Vagina Pembunuh Sperma
  2. Perempuan Perokok Sulit Dapatkan Anak Laki-Laki
  3. Perhatikan Sakit Kepala Anda
  4. Melahirkan Di Air/Water Birth – tanpa rasa sakit dan menyenangkan?
  5. Sperma Bisa Tembus Kain Lho!
  6. Osteoporosis Tak Hanya Milik Kaum Wanita, Pria Juga!
  7. Bahaya Tontonan Kekerasan Pada Anak
  8. Kanker mulut akibat hpv meningkat pada pria
  9. 10 Misteri Otak Manusia yang Belum Terpecahkan
  10. Genetis, Faktor Penyebab Migrain