Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kulit yang sensitif atau peka cepat sekali memberikan reaksi iritasi jika anda salah dalam merawatnya. Untuk menghindari timbulnya iritasi tersebut sebaiknya anda melakukan langkah berikut.

Yang pertama adalah kurangi bahan kimia yang tidak perlu dan berarti harus menghindari penggunaan produk perawatan kulit yang tidak perlu. Secara umum seorang perempuan menggunakan lima hingga 6 produk perawatan kulit dalam seharinya. Secara otomatis berarti kulitnya terkena lebih dari 100 bahan kimia dan tidak heran jika kemudian kulitnya mengeluarkan reaksi seperti rasa panas, gatal maupun bintik-bintik. Sebenarnya anda hanya membutuhkan produk untuk perawatan kulit adalah pembersih, pelembap, tabir surya dan krim mata (tetapi hanya bila dibutuhkan). Hindari bahan-bahan kimia yang sifatnya keras seperti penyegar (toner atau astringent) dengan bahan dasar alkohol dan hindari juga bahan perawatan yang sifatnya meluruhkan kulit seperti retinol dan AHA.

Langkah selanjutnya adalah cermati bahan kandungan produk kosmetik anda. Selain alkohol dan bahan peluruh masih banyak bahan kandungan lain yang berpotensi untuk menimbulkan reaksi iritasi dan bahan-bahan tersebut banyak terdapat pada sebagian besar produk perawatan kulit contohnya seperti pewangi, pewarna dan bahan pengawet (terutama jenis formadelhyde).

Rawatlah kulit anda dengan lembut saat membersihkan wajah dan gunakan pembersih berbentuk lotin, susu atau cleansing milk ataupun cleansing oil yang lebih lembut dari air dan sabun. Bilaslah dengan suhu yang normal. Batasi membersih wajah sekali sehari untuk mempertahankan pelindung kulit yang alami.

Gunakan pelembap setelah membersihkan wajah anda karena kulit yang sensitif biasanya kering. Semakin kering kulit anda maka semakin sensitif kondisinya dan sebaiknya gunakan pelembap ringan dua kali sehari. Jika kulit anda sangat peka maka gunakan pelembap hanya pada bagian yang memerlukan dan jangan di seluruh wajah.

Jika anda bingung memilih produk perawatan, coba pilih produk yang dikemas dengan label ‘hypoallergenic’. Gunakanlah produk perawatan dengan bahan dasar alami terutama bahan yang bisa membuat rasa nyaman pada kulit seperti chamomile, susu, liquorice.

Bila anda mencoba suatu produk dan ternyata kulit terasa perih maka sebaiknya obati dengan krim hydrosortisone yang dapat anda beli di apotik. p2t


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Dapatkan Rambut Lebih Sehat
  2. Highlight Pencil untuk Koreksi
  3. Percantik Kuku Dengan Nail Art
  4. Cewek Loe Setia Nggak? Lihat WARNA RAMBUTNYA
  5. Tampil Nude Sesuai Warna Kulit
  6. Hilangkan Komedo Secara Alami
  7. Tips Terhindar Dari Selulit dan Stretchmark
  8. Temukan Perias Pengantin yang Tepat
  9. Haluskan Kulit dengan Almond
  10. Rambut Lebih Mengembang