Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Banyak aktifitas menyenangkan yang bisa membuat tubuh Anda bugar. Bersepeda salah salah satunya. Manfaat olah raga yang satu ini segudang. Sebut saja mengencangkan tubuh, membakar kalori, mengecilkan perut, memperkuat jantung serta menghilangkan stres.

Bila Anda ingin serius rutin, yang Anda perlukan adalah memiliki sebuah sepeda. namun, sudah berapa tahun sejak Anda memiliki sepeda dulu. Tak usah bingung berikut panduan dasar membeli sepeda.

1. Tujuan mengayuh sepeda
“Sebelum Anda berpikir tentang kisaran harga, warna, ukuran , tanyakan kemana Anda mengendarai sepeda,” kata Jackie Baker, manajer pemasaran di Liv /giant – merek bersepeda yang didedikasikan hanya untuk pengendara wanita, tetapi juga merupakan bagian dari Giant, perusahaan sepeda terbesar di dunia. “Seseorang yang ingin bersepeda di alam membutuhkan sepeda berbeda dari seseorang yang ingin bersepeda untuk pergi bekerja kerja setiap hari. Sepeda berbeda juga dibutuhkan seseorang yang ingin bersaing dalam balapan.”

2. Ketahui ukuran yang pas
Sepeda tidak dijual satu ukuran dan cocok dikendarai untuk semua orang. Jika Anda membeli di toko wiraniaga akan membantu Anda menemukan ukuran serta sepeda yang nyaman bagi Anda. Tapi pengetahuan ini sangat penting jika Anda membeli online atau sepeda bekas. Bila ingin membeli jatuhkan pilihan pertama pada model sepeda perempuan. “Saya tidak mengatakan bahwa setiap perempuan harus naik sepeda perempuan, karena kita semua memiliki bentuk tubuh dan kesukaan yang berbeda. Tapi biasanya, tubuh perempuan lebih kecil, dengan inseams panjang dan torso yang lebih pendek. Nah, sepeda perempuan dibangun sesuai proporsi.” Para teknisi di dalam toko tentu dapat mengubah tinggi kursi dan posisi stang agar pas dengan Anda. Namun, idealnya Anda ingin menemukan sesuatu yang tidak membutuhkan banyak penyesuaian.

3. Anggaran untuk aksesori
“Berapapun anggaran Anda, siapkan anggaran untuk membeli helm.” Bahkan jika Anda telah memiliki helm ada kemungkinan Anda membutuhkan yang baru. Busa helm dapat mengering dan rusak setelah tiga tahun. Perlengkapan lain yang Anda harus dibeli hari yang sama atau segera setelah membeli sepeda adalah celana bersepeda dengan padding, Celana penting demi kenyamanan Anda bersepeda. Selain itu bel dan perlengkapan dasar untuk memperbaiki yang berisi tabung cadangan dan perangkat yang diperlukan untuk mengganti ban.

4. Pemeliharaan dasar
Tanyakan toko sepeda Anda kapan waktunya sepeda disevis. Sebagian besar toko akan memberikan tune-up atau layanan diskon untuk tahun pertama. Nah, pergunakan hal tersebut baik-baik.

Sumber: SELF, kompas.com