Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Menjaga berat badan agar tidak kegemukan bukan hanya penting untuk menunjang penampilan tetapi juga dalam hal kesehatan. Menurut penelitian yang di lakukan para ilmuwan di Amerika Serikat terbukti bahwa perempuan yang obesitas lebih rentan terkena kanker ovarium ganas dan beresiko kematian.

Seperti sudah diketahui sebelumnya, obesitas memang meningkatkan resiko perkembangan beberapa jenis kanker, tetapi riset terbaru ini mengungkapkan bahwa jaringan lemak berpengaruh pada perkembangan tumor. Para ilmuwan tersebut yakin kalau sel lemak yang menghasilkan hormon atau protein membuat kanker ovarium berkembang lebih pesat. Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal kanker.

Tumor ganas
“Ini adalah studi yang pertama kali mengidentifikasi berat badan sebagai faktor tersendiri yang membuat kanker ovarium menjadi ganas. Ada elemen tertentu dari jaringan lemak yang menyebabkan berkembangnya penyakit ini pada perempuan obesitas,” kata kepala penelitian, Dr Andrew Li.

Penelitian ini didasarkan pada 216 perempuan yang menderita kanker ovarium epithelial, jenis kanker ovarium yang paling banyak ditemui, atau sekitar 90 persen dari seluruh kasus. Penelitian ini membandingkan 35 perempuan yang obesitas dengan 108 perempuan yang memiliki berat ideal untuk melihat adanya perbedaan yang signifikan dalam munculnya kanker.

Ternyata, obesitas berpengaruh dalam ketahanan tubuh. Mereka yang obesitas sel kankernya bisa timbul lagi setelah melakukan pengobatan dan beresiko pada kematian. Menurut Dr Li langkah selanjutnya setelah penelitian ini adalah menguji bagaimana lemak berpengaruh pada tumbuhnya tumor.

Kanker ovarium merupakan penyebab kematian terbanyak pada perempuan. Biasa disebut pula sebagai silent killer karena pada fase awal tidak ada keluhan yang khas (asimptomatik) sehingga biasanya pasien baru datang pada stadium lanjut.

“Hasil penelitian tersebut terlalu sedikit menguji jumlah pasien sehingga dibutuhkan penelitan lanjutan untuk membuktikan kaitan antara obesitas dengan pertumbuhan sel kanker,” kata Dr Laura-Jane Amstrong, dari Cancer Research, Inggris. Sambil menunggu hasil penelitan lanjutan, tak ada salahnya kita menjaga berat badan untuk mengurangi resiko kanker. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Olahraga Teratur buat Otak Awet Muda
  2. Jangan Anggap Remeh Susah Buang Air Besar
  3. Daftar 22 Obat Kuat Berbahaya
  4. Manfaatkan Warna Untuk Terapi
  5. Komputer dan Masalah Kesehatan
  6. Manfaat Aktivitas Seksual Untuk Kesehatan
  7. Tetap Segar Saat Berpuasa
  8. Sehat dengan Makanan Berserat
  9. Menghindari Toksoplasmosis
  10. Obati dengan Lemon