Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Para perokok, berhati-hatilah. Pasalnya, hasil penelitian menunjukkan, mereka selain beresiko tinggi mengidap kanker dan penyakit jantung, juga lebih rentan mengalami alias serangan beku pada bagian tubuh tertentu, terutama pembuluh darah tepi, karena pembuluh darah mereka kurang cepat mengantar panas ke ujung jari tangan dan kaki yang membeku.

“Kandungan nikotin dari rokok adalah unsur penyebabnya yang memperlambat reaksi tubuh terhadap keadaan kondisi dingin,” demikian tim ahli peneliti dari Universitas Connecticut.

Dr Kichang Lee dan rekan-rekannya memasukkan tangan perokok dan mereka yang bukan perokok ke dalam air bersuhu 5 derajat Celcius selama 40 menit.

Pembuluh darah dari para perokok bekerja lebih lambat dan kurang efektif dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok dalam suasana dingin yang menimbulkan reaksi biologis dimana pembuluh darah memperlebar penampangnya dalam bereaksi terhadap suasana dingin.

Setelah keluar dari air dingin para perokok kulitnya dalam proses menjadi hangat jauh lebih lambat dari mereka yang bukan perokok, demikian dikatakan Lee dalam pertemuan dengan ahli Fisiologi Amerika Serikat di washington yang bertema “Percobaan Biologi 2004”. Efek tersebut tetap ada walaupun para perokok telah menghentikan kebiasaanya itu selama 16 jam, kata Lee yang kini mengajar di Universitas Harvard. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kenapa Wanita Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS ?
  2. Hanya 1% Obat Palsu Terawasi
  3. Cegah Gangguan Pencernaan Dengan 5 Tips Berikut Ini
  4. Vitamin Pendukung Bagi Kulit
  5. Gizi Petai Sekelas Apel
  6. Tahapan Obati Impotensi
  7. Inilah 9 Tips Tampil Segar dan Fit Selama Ibadah Umrah
  8. Melirik Penyembuhan Alternatif
  9. Lumba-lumba Sembuhkan Autis
  10. Afrika Selatan Ujicoba Vaksin HIV