Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Buah pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh.

Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Terkena HIV Langka tipe HIV-1 strain-N, Setelah Liburan dari Togo
  2. Sekitar 80 Persen Kulit Bayi di Indonesia Bermasalah
  3. Saat Di Dokter Gigi Anda Wajib Menanyakan 3 Hal Berikut!
  4. 12 Fakta Penting Tentang Silikon
  5. 5 Kegunaan Tes DNA
  6. Nyaman Saat Persalinan Dengan Hypnobirthing
  7. Ring Tone Memperbesar Payudara
  8. Gejala Awal Radang Kandung Empedu, Nyeri Ulu Hati
  9. Penyakit dan Gangguan Ginjal
  10. 10 Hal Berikut Sangat Mempengaruhi Kesuburan Pria