Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Rambut memiliki fungsi untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Di kepala anda, tidak kurang dari 100.000 helai rambut dan setiap helai tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Normal saja jika 50 hingga 100 helai rambut rontok setiap hari dan rambut baru akan tumbuh. Ada beberapa hal yang harus anda hindari agar rambut anda tetap sehat dan tidak rontok, simak berikut ini.

Yang pertama adalah menghindari paparan sinar matahari, klorin dan air laut yang berlebihan. Karena sinar matahari dapat membuat rambut rapuh. Anda bisa lindungi rambut dengan topi atau pelembab rambut yang mengandung tabir matahari setelah berenang atau olahraga.

Kedua adalah jangan menyisir rambut dengan cara menarik rambut. Gunakan sisir yang jarang untuk membereskan rambut yang kusut, mulai dari ujung rambut. Sisir yang terbuat dari metal dapat merusak batang rambut yang lembut.

Pilihlah shampo sesuai dengan jenis rambut. Jangan ragu mengganti shampo bila memang tidak cocok. Yang perlu diperhatikan gunakan produk perawatan rambut atas lisensi dari depkes. Cuci rambut di bawah kucuran air yang tidak terlalu keras dengan suhu yang sesuai. Air yang terlalu panas dapat membakar kulit kepala dan merusak rambut. Basahi rambut sebelum di shampo dan gosok kulit kepala dengan lembut dan rata.

Jangan menggaruk-garuk kepala dengan kuku atau sisir plastik karena hal ini akan membuat kulit kepala kemerahan, sakit dan merusak rambut. Bilaslah hingga bersih, karena jika tidak bersih maka shampo yang tertinggal akan mengundang datangnya ketombe.

Setelah anda menggunakan shampo sebaiknya kenakan conditioner pada rambut yang bersih. Janganlah anda gosokkan pada kulit kepala tapi pada setiap helai rambut lalu bilas hingga bersih. Bungkus kepala dengan handuk selama 1 hingga 2 menit agar air terserap pada handuk. Sebaiknya anda jangan menggosok rambut terlalu keras atau menyisir lebih sering dari yang diperlukan.

Hindari menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Jika anda ingin menggunakannya sebaiknya jangan terlalu panas dan gunakan anginnya saja. Batang rambut yang terkena panas tinggi akan menyebabkan rambut kering dan rapuh. Jadi akan lebih baik jika anda biarkan rambut mengering secara alami.

Hal lain yang harus anda hindari adalah menyisir rambut sebelum tidur. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya stimulasi terhadap produksi sebum dan dapat merusak rambut serta membuat rambut rapuh.

Asupan yang bergizi dan seimbang juga sangat penting untuk kesehatan rambut. Jadi anda banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur dan cukup vitamin A, E, B kompleks, protein, zat besi dan yodium. Karena kekurangan gizi dapat mengurangi kehitaman rambut. Jadi tidak sulit untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. More Natural with Eye Extension
  2. Rambut Cepat Tumbuh dan Sehat
  3. Merawat Kulit di Rumah
  4. Bermain dengan Warna Yuk…
  5. Tampil Cantik Saat Di Foto, Begini Tips Makeupnya
  6. Rawat Rambut Saat Musim Hujan
  7. Cantik Mempesona di Hari Pernikahan
  8. Ditemukan, Teknologi Terbaru Meluruskan Rambut
  9. Bibir Indah dan Seksi
  10. Tips Langsing : Makanlah Setiap 4 Jam