Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang tak ternilai. Kini bahan batik tidak hanya menggunakan kain mori saja melainkan juga dari katun, serat ulat sutera, serat nanas dan sebagainya. Untuk perawatan batik tulis, khususnya batik tulis dari bahan serat alam, perlu anda dicermati agar batik tetap awet, tahan lama, tidak mudah pudar dan tetap tampak indah.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar busana atau kain batik anda tetap indah. Sebaiknya pada saat anda mencuci batik jangan digosok dan jangan gunakan deterjen. Jika batik anda tidak terlalu kotor maka anda bisa mencucinya dengan air hangat. Tapi jika batik anda terkena noda maka anda bisa mencucinya cukup dengan sabun mandi saja. Akan tetapi jika nodanya masih membandel maka anda bisa menghilangkannya dengan kulit jeruk pada bagian yang kotor saja.

Setelah kotoran hilang anda harus menjemurnya di tempat yang teduh tetapi anda tidak perlu memerasnya, biarkan saja kain tersebut mengering secara alami. Pada saat menjemur sebaiknya anda tarik bagian tepi kain agar serat kain yang terlipat kembali seperti sediakala.

Hindari penyetrikaan, jika terlalu kusut anda bisa semprotkan air di atas kain batik anda lalu lapisi batik anda dengan kain lainnya. Hal ini untuk menghindari kain batik anda terkena panas langsung dari setrikaan.

Sesudah disetrika sebaiknya anda simpan batik anda dalam plastik agar tidak dimakan ngenngat. Sebaiknya anda jangan memberi kapur barus karena zat padat ini terlalu keras sehingga bisa merusak kain batik anda. Ada baiknya anda beri merica yang dibungkus dengan tisu lalu masukkan dalam lemari pakaian anda untuk mengusir ngengat. Atau anda bisa menggunakan akar wangi yang sebelumnya anda celup ke dalam air panas kemudian dijemur lalu lakukan sekali lagi. Setelah akar wangi tersebut kering anda baru bisa menggunakannya. Selamat mencoba. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Melatih Otot Perut Secara Benar
  2. Vitamin Pendukung Bagi Kulit
  3. All About Shimmer
  4. Posisi Tidur Pengaruhi Kecantikan
  5. Kulit Halus Berkat Chemical Peeling
  6. Lebih Seksi dengan Perona Pipi
  7. Penyakit di Tubuh Anda Bisa Di Lihat Dari Kulit Wajah, Berikut Caranya
  8. Rawat Rambut Saat Musim Hujan
  9. Jari Lentik dengan French Manicure
  10. Langkah Praktis Gunakan Eye Liner