Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Tubuh yang sehat akan tercermin melalui kulit yang terawat dan untuk mendapatkannya anda cukup memenuhi nutrisi sesuai kebutuhan tubuh anda. Salah satunya adalah vitamin E yang sangat efektif dalam menjaga kecantikan kulit dan mengurangi resiko berbagai penyakit.

Kulit memiliki banyak fungsi karena menyelubungi tubuh atau bagian terluar tubuh anda. Secara alami kulit menjaga tubuh dari ancaman kondisi alam sekitar. Karena kulit merupakan indra perasa, membantu mengatur suhu tubuh, melindungi tubuh dari virus dan bakteri. Kulit juga menjalankan fungsi sekresi dan pengeluaran cairan.

Saat menjalankan fungsi sekresi, biasanya kulit mengeluarkan semacam minyak yang disebut sebum. Hal ini berguna untuk mempertahankan kelembaban dan kehalusan kulit. Sedangkan pengeluaran cairan berupa keringat yang terutama terdiri atas air, bermanfaat untuk mengatur suhu tubuh agar tetap dalam batas normal.

Memang kulit tubuh terlihat tipis tapi ternyata memiliki kompleksitas tinggi. Lapisan kulit paling luar adalah kulit ari atau stratum corneum yang tipis seperti kulit bawang terdapat berbagai jenis organ.

Pada setiap area 1 cm2 kulit saja terdapat sekitar 1 m pembuluh darah, 100 kelenjar keringat, 3000 sel sensor di ujung serabut saraf, 4 m saraf, 25 instrumen perasa, 200 ujung perasa saraf sakit, 2 instrumen perasa dingin, 12 perasa panas, 10 rambut dan 15 kelenjar minyak. Jadi bisa anda bayangkan betapa kompleksnya kulit kita.

Sebagai selubung tubuh, kulit merupakan tameng utama dalam menghadapi ancaman kondisi dari luar tubuh. Salah satunya adalah sinar ultraviolet yang memang sering menjadi penyebab utam penuaan dini atau premature aging. Sinar ultraviolet B memiliki daya penetrasi yang kuat dan menjadi penyebab kerusakan kulit dari luar. Biasanya penuaan dini banyak dijumpai pada bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, lengan dan kaki.

Kerusakan kulit seringkali dialami oleh mereka yang berusia lebih dari 30 tahun. Tapi semakin hari tidak sedikit kalangan usia yang lebih muda terkena masalah kulit tersebut. Karena saat ini banyak faktor eksternal yang mengancam kesehatan kulit anda. Seperti polusi udara berupa debu, kotoran dan asap yang mengandung karbon serta radikal bebas.

Setiap kali anda bernapas dengan menghirup oksigen pasti terjadi oksidasi yang menghasilkan sisa-sisa yang disebut oksidan. Apa yang anda hirup inilah yang membentuk radikal bebas yang karena tidak lagi memiliki tempat untuk menempel di tubuh lalu berkeliaran dan menabrak sel-sel lain. Hal ini mengakibatkan sel-sel yang ditabrak cepat mejadi rusak.

Radikal bebas yang bersifat reaktif tersebut akan menimbulkan perubahan kimiawi dan merusak berbagai komponen sel hidup seperti protein, lipid, karbohidrat dan asam nukleat.Berbagai kondisi tubuh juga turut mempengaruhi kesehatan kulit seperti faktor hormonal, keturunan, stres, penyakit tertentu, penggunaan obat-obatan diuretik atau peluruh kencing.

Biasanya kulit akan mengelupas sesuai proses alam, setiap 28 hari sekali sel-sel kulit mengalami regenerasi atau meremajakan diri. Sel kulit yang semula berbentuk bulat akan naik ke permukaan dan berubah bentuk menjadi gepeng, sebelum akhirnya mati dan menjadi bagian dari lapisan kulit ari. Tetapi pada kondisi kulit yang menua, yang terjadi justru sebaliknya. Lapisan kulit luar yang mengandung sel-sel hidup, juga lapisan tempat berbagai pembuluh dan kelenjar akan menipis. Sedangkan lapisan kulit ari menebal karena sel-sel kulit itu mati.

Ditegaskan bahwa pengelupasan lapisan kulit mati tidak terjadi secara otomatis. Kalaupun mengelupas akan berlangsung dalam waktu lama. Hal itu menyebabkan pengelupasan kulit perlu dilakukan secara khusus. Upaya membersihkan kulit yang biasa dilakukan orang setiap hari, tidak akan mampu mengangkat kulit mati.

Untuk mendapatkan kembali kulit yang sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yaitu mengasup nutrisi lengkap dari makanan dan mencukupi kebutuhan tubuh, olahraga untuk membantu proses metabolisme kulit. Hal ini berarti pola makan yang sehat, keseimbangan aktivitas, istirahat yang terjaga akan membuat kulit menjadi sehat secara alami.

Salah satu nutrisi penting bagi kulit adalah vitamin E. Ada enam kegiatan penting yang dilakukan vitamin ini untuk mempertahankan kesehatan kulit. Selain mencegah terbentuknya lapisan tanduk keratinisasi, mencegah perlekatan lemak pada dinding pembuluh darah (lipoproxide), memelihara kulit tetap basah (moisturized), mencegah timbunan pewarna kulit (melanin deposit), anti radang dan meningkatkan tumbuhan rambut.

Saat ini mudah sekali untuk memperoleh suplemen vitamin E yang dibuat dari bahan alami atau vegicap. Suplemen jenis ini lebih aman dibandingkan produk yang mengandung gelatin, yang diproses dari tulang hewan. Jadi bagi anda yang merasa kurang mendapatkan asupan vitamin dari makanan sehari-hari, adanya suplemen ini bisa menjadi alternatif. Pola makan sehat, olahraga teratur dan istirahat cukup, tetap harus anda upayakan semaksimal mungkin. Semoga hal ini bermanfaat untuk anda. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 10 Cara Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan
  2. Make-up Malam Awet
  3. Langkah Tepat Samarkan Noda
  4. Mencegah Penuaan Dini dengan Energi Cahaya
  5. Warna Lipstik Cerminan Diri
  6. Bahaya Suntik Silikon Cair dan Kolagen
  7. Strategi Tampil Prima, part 1
  8. Rawat Rambut Saat Musim Hujan
  9. Perawatan dengan Susu
  10. Remajakan Kulit dengan Uap Panas, part 2