Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Ada beberapa langkah untuk membersihkan kulit wajah dari semua kotoran dan make-up yang mencegah tersumbatnya pori-pori kulit, merangsang sirkulasi, dan memperbaiki warna kulit anda.

Yang pertama adalah dengan mengoleskan susu pembersih (cleansing milk) secara merata ke wajah. Caranya ambil kapas lembut khusus untuk wajah, basahi sedikit dengan air dan peras. Saat menghapus kotoran dengan susu pembersih, lakukan dengan hati-hati. Sebaiknya anda jangan mengusap kapas yang terlalu ditekan atau terlalu tergesa-gesa sehingga dapat menimbulkan gangguan pada kulit. Yaitu peregangan kulit yang berlebihan dan dapat menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah kapiler sehingga akan merangsang produksi kelenjar sebacea yang dapat mengganggu kelenturan kulit dan merusak komponen penyangga jaringan kulit. Selanjutnya gunakan penyegar yang bermanfaat untuk menghilangkan sisa minyak yang ditinggalkan oleh bahan pembersih, membantu pori-pori untuk menutup kembali serta memperbaiki tekstur kulit.

Langkah kedua adalah menguapi wajah anda. Taruhlah herba kering atau kantong teh atau beberapa tetes minyak esensial aromaterapi di wadah besar yang sudah diisi air panas. Letakkan wadah tersebut di atas meja. Duduklah yang nyaman dan hadapkan wajah anda ke permukaan wadah tersebut. Bentuklah ‘tenda’ dengan membungkus handuk sekitar kepala dan sekaligus menutupi wadah tersebut. Aturlah wajah anda berjarak kira-kira 30 cm dari wadah tersebut. Pejamkan mata dan nikmati uap sambil rileks.

Biarkan uap meresap ke wajah anda selama 10 hingga 15 menit untuk kulit berminyak sedangkan untuk kulit kering selama 3 hingga 5 menit. Setelah diuapi, percikan air dingin ke wajah lalu keringkan dengan handuk bersih. Jika anda menggunakan minyak esensial selain herba kering atau teh maka biarkan sejenak air mendidih sebanyak 2 gelas dalam wadah sampai sedikit berkurang panasnya. Sebelum anda membubuhkan herba tersebut sebaiknya teteskan 3 hingga 5 minyak esensial ke dalam wadah tersebut agar minyak tidak terlalu cepat menguap.

Untuk kulit normal, anda bisa gunakan minyak esensial chamomile atau lavender. Sedangkan bagi kulit yang berminyak, bisa digunakan minyak peppermint cypres, tea tree dan bergamot. Untuk kulit kering, anda bisa gunakan rosemary atau minyak cendana. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif atau pembuluh darah kapiler yang kecil yang kelihatannya seperti rambut tipis sebaiknya jangan gunakan masker panas atau facial panas.

Terakhir adalah anda bisa melanjutkan perawatan wajah dengan memakai masker. Caranya dengan mengoleskan masker wajah untuk membersihkan pori-pori kulit sampai ke dalam. Duduk dengan tegak dan nyaman sambil menunggu masker mengering selama 15 hingga 20 menit. Angkat masker dan segera bersihkan wajah dengan air dingin.

Segarkan wajah anda dengan toner herba atau herbal astringent. Lembabkan wajah anda dengan cara memijat-mijat wajah anda dengan krem, minyak ringan atau lotion. Pastikan anda tidak melewatkan perawatan ini pada bagian leher anda. Untuk pelembab dapat dicampur dengan minyak esensial chamomile, lavender dan shea butter. Caranya adalah dengan membubuhkan tiga tetes minyak esensial chamomile atau lavender pada pelembab anda lalu oleskan pada wajah. Tambahkan lagi tiga tetes minyak esensial favorit anda pada shea butter dan oleskan pada bibir. Selamat mencoba. p2t


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Menikmati Kencan Tanpa Cemas
  2. Ketombe? No Way-lah…
  3. Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah
  4. Relaksasi dengan Madu dan Susu
  5. All About Spa, part 2
  6. Solusi Kecantikan Akibat Kosmetik
  7. Waxing Daerah “V” Anda, part 2
  8. 6 Cara Tunda Penuaan Wajah
  9. Wajah Kencang dengan Senam
  10. Wanita Paling Stres Umur 27 Dan Paling Menarik Di Umur 31