Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Seringkali kita mendengar betapa pentingnya makanan berserat (fiber) untuk melakukan diet. Disamping masih banyak manfaat lain, diet dengan banyak makan makanan yang mengandung serat dapat mengurangi rasa lapar dan bahkan dapat mencegah penyerapan kalori-kalori lain.

Fiber adalah suatu nutrisi yang sangat penting, ditemukan dari sumber makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan dipisahkan menjadi dua bentuk yaitu fiber yang larut dalam air (soluble fiber) atau yang tidak larut (insoluble fiber). Fiber memiliki keuntungan kesehatan yang sangat vital, seperti menurunkan resiko penyakit diverticular, tekanan darah tinggi, diabetes type 2, kanker paru-paru dan kanker perut, seperti yang disarikan dari vision. Fiber juga dapat menurunkan kolesterol dan mempermudah gejala-gejala PMS.

Fiber diyakini dapat menurunkan resiko kanker usus dan mencegah penyakit jantung. Jika anda tidak mendapatkan cukup fiber, anda akan mengalami sembelit, diare, bawasir, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Peningkatan konsumsi fiber sangat dianjurkan, tetapi pemakian fiber terlalu banyak akan menimbulkan sakit pada bagian perut, kehilangan kalsium dan menurunnya penyerapan dan besi dan seng.

Sebaiknya, ketika anda meningkatkan konsumsi fiber, anda sebaiknya juga meningkatkan konsumsi air minum. Ini akan mengurangi peningkatan gas, yang akan mengakibatkan kekembungan.Kelompok makanan yang banyak mengandung fiber antara lain buah-buahan, sayur-sayuran dan semua jenis gandum. Makanan yang mengandung fiber tinggi harus mengandung sedikitnya satu gram fiber per 25 sampai 30 kalori. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Telat Makan…Hati-hati Maag
  2. Potret Kesehatan Sebelum Terlambat
  3. 5 Trik Mengetahui Kesehatan Vagina
  4. Kanker Mulut Penyebar Kanker Lain di Tubuh
  5. Bahaya Kegemukan Pada Kehamilan
  6. Deteksi Dini, Ujung Tombak Atasi Kanker Payudara
  7. Bekerja Malam? Berikut Tips Sehat Untuk Para “Kalong”
  8. Obat Alami / Herbal, Indirubin Berpotensi Sembuhkan Tumor Otak
  9. Kegunaan Timun bagi Tubuh
  10. Bayam Merah Bagi kesehatan