Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Stroke dapat mengenai bagian manapun dari otak kita, karenanya gejalanya pun beraneka ragam, mulai dari yang ringan sampai yang berat bahkan ada pula yang sampai meninggal dunia.

Gejala dari stroke ringan bisa tidak disadari oleh penderita. Padahal serangan tersebut bisa saja terjadi beberapa kali dalam sehari? Bentuk ringan dari stroke ini dikenal dengan Serangan Otak Sepintas (Transient Ischaemic Attack/TIA). Gejala terkadang hanya berupa rasa lemah di satu sisi wajah, atau mungkin rasa kesemutan di lengan atau tungkai.

Ada pula yang mengeluhkan gangguan dari fungsi berbicara. Tapi, gejala stroke ringan biasanya akan kembali normal dalam waktu cepat, kurang dari satu jam. Gejala stroke yang lebih berat umumnya akan menimbulkan gejala yang lebih khas, seperti kelumpuhan. Gejala-gejala stroke antara lain adalah sebagai berikut. Kelemahan atau kelumpuhan dari anggota badan yang dipersarafi, kesulitan menelan, esulitan bicara, gangguan menahan kemih dan kehilangan kesadaran

Karena otak sisi kanan dan sisi kiri mempunyai fungsi yang berbeda, stroke pada satu sisi juga dapat memberikan gambaran yang cukup khas. Misalnya, kelumpuhan sisi kanan tubuh biasanya disertai dengan gangguan berbicara, menulis dan membaca. Sedangkan kelumpuhan sisi kiri tubuh bisa disertai dengan hilangnya kesadaran akan ruang, termasuk kesadaran terhadap satu sisi dari tubuhnya sendiri. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Urus-urus Mencegah Berbagai Penyakit
  2. Inilah 18 Cara Jitu Hilangkan Nyeri Punggung Anda
  3. Begadang Sebabkan Tukak Pencernaan
  4. Tak Ada Bukti Tomat Cegah Kanker
  5. 30 Tahun Sejak Ditemukan Virus HIV, Kapan Akan Ada Obatnya?
  6. Berjalan Secara Teratur Melindungi Suku Masai dari Penyakit Kardiovascular
  7. Demam yang Tak Diketahui Sebabnya
  8. Cemerlangnya Senyum Anda
  9. Seputar Keputihan
  10. Khasiat Kopi