Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Pada masa kehamilan kerap dijumpai beberapa gangguan kesehatan yang dialami oleh ibu-ibu hamil. Biasanya, ibu-ibu hamil kurang memahami apa yang terjadi pada dirinya. Sebagai contoh ketika masa kehamilan, ibu hamil kerap mengalami kesulitan bernafas. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil mengenali kesulitan bernafas seperti apa yang dikatakan normal dan tidak.

Yang normal
Kesulitan bernafas seperti ini biasa terjadi, khususnya terjadi pada bulan-bulan usia kehamilan tua, ketika janin menekan rongga dada. Untuk itu, kesulitan bernafas saat itu masih dikatakan wajar karena adanya tekanan janin pada rongga dada si ibu.

Yang tidak normal
Kesulitan bernafas yang diikuti rasa sakit yang menusuk di dada, khususnya jika diikuti rasa sakit pada salah satu tungkai. Ini bisa menjadi tanda ibu mengalami deep vein thrombosis. Jadi berhati-hatilah, bila ibu hamil menjumpai hal seperti itu, segeralah ke dokter anda.

Selain itu, nafas pendek juga bisa menjadi pertanda bahwa ibu hamil mengalami anemia akibat kekurangan hemoglobin, yakni bagian dari sel-sel darah merah yang membawa oksigen dalam darah. Untuk itu, segeralah menjumpai dan berkonsultasi pada dokter anda. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Berikut 9 Tips Panjang Umur
  2. Tes DNA Ibu Hamil, Bisa Deteksi 100 Penyakit Bayi Dimasa Datang
  3. Obat ‘Ajaib’ Lawan Kanker Payudara
  4. Mengenal Toksoplasmosis
  5. Cara Memasak Sehat Agar Terhindar Dari Kolesterol
  6. Kenali Penyakit Kaki Gajah
  7. Beragam Manfaat Kontrasepsi
  8. Ingin Tampil dan Merasa Lebih Muda? Basmi Stress Anda
  9. Waspadai Lemak Trans
  10. Kenapa Wanita Terlihat Lebih Tua dari Pria