Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Beberapa orang kadang tidak tuntas saat berkemih atau buang air kecil, padahal kencing yang tersisa bisa menimbulkan risiko tersendiri. Namun dengan berdehem dan jongkok bisa bantu menuntaskan air kencing yang keluar.

Untuk mengetahui apakah air kencing yang kita keluarkan sudah tuntas atau belum biasanya bersifat subyektif, karena untuk orang yang memang tidak ada gangguan biasanya ia akan merasa puas setelah kencing.

“Tapi kalau kencingnya tidak tuntas, ia akan merasa masih ada sisa atau beberapa saat kemudian ingin pipis lagi,” ujar dr Rahmat Budi Santoso, SpB-U, disela-sela acara penyuluhan kanker prostat di RSK Dharmais, Jakarta, Selasa (8/11/2011).

dr Santo menuturkan residu dari urin yang tidak dikeluarkan lama-lama bisa menimbulkan endapan atau batu pada kandung kemih. Selain itu jika urine yang dikeluarkan tidak lancar sementara produksi urine dari ginjal ada terus maka urine dari ginjal ini akan tertahan yang bisa menimbulkan pembengkakan ginjal.

Air kencing merupakan hasil cucian dari ginjal. Jika air kencing yang ada tidak terdistribusi dengan baik ke bawah atau uretra maka akibatnya ia menumpuk di ginjal dan bisa membuat dinding ginjal menjadi lebih tipis.

“Kalau dindingnya menipis maka kemampuan ginjal untuk mencuci darah yang kotor akan menurun dan lama kelamaan bisa menyebabkan gagal ginjal,” ujar dokter yang menjadi Ketua Staf Medis Fungsional Urologi di RSK Dharmais.

Meski begitu ada beberapa hal yang menjadi penyebab tidak tuntasnya ar kencing yang dikeluarkan oleh tubuh akibat adanya gangguan prostat seperti pembesaran prostat jinak, kanker prostat dan infeksi prostat (prostatitis).

“Dengan berdehem-dehem bisa membantu menuntaskan kencing, atau jongkok juga bisa karena membantu menekan perut,” ujar dokter yang berpraktek di RSK Dharmais dan MRCCC Siloam ini.

sumber: detik.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Lima Fakta Mr. P yang Perlu Anda Tahu
  2. Beginilah Proses Suntik Mati (Euthanasia) Dilakukan
  3. Bayi Pertama Hasil IVM
  4. Inilah 10 Makanan Penyebab Bau Badan
  5. Cegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Beras Hitam
  6. Kenali Warna Lambang Obat
  7. Hilangkan Lemak Tubuh Saat Tidur
  8. 7 Kiat Pilih Dokter
  9. Inilah 7 Alasan Kenapa Harus Mengkonsumsi Telur Puyuh ?
  10. Si Gemuk Rentan Kanker Payudara