Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Ada beberapa hal yang sering dilewatkan dalam menjalani hidup, sehingga akibat buruk dari kebiasaan ini akan datang mengganggu kesehatan kita. Hal ini bisa terjadi hanya karena kebiasaan hidup yang tidak teratur. Kebiasaan tersebut adalah antara lain melewatkan sarapan, kurang minum air putih, kurang gerak sampai dengan ngemil snack berkalori tinggi.

Menurut Pete Cohen, psikolog dan physical trainer, bahwa tidak ada manusia lahir dengan kebiasaan buruk. Kebiasaan ini dipelajari saat tumbuh dewasa. Cara yang paling jitu untuk membuang kebiasaan buruk adalah dengan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik. Menurut beberapa penelitian, diperlukan pengulangan 20 – 30 kali untuk kemudian menjadi kebiasaan baru.

Apakah semudah itu? Sepertinya mudah saja, tapi kalau dijalani mengapa sulit. Karena kita memang hidup di lingkungan yang sudah mengesahkan kebiasaan-kebiasaan buruk itu menjadi hal yang biasa. Ada beberapa tips mengenai cara menghargai hidup dengan menjalani hidup secara sehat dan teratur.

Pertama, minum air putih secara cukup

Tubuh manusia tidak akan memberi sinyal berupa rasa haus sampai tubuh benar-benar kekurangan air atau mengalami dehidrasi. Mengapa harus air putih? Karena dua pertiga tubuh kita terdiri dari air, maka air merupakan unsur terpenting bagi tubuh. Setiap hari kita kehilangan 1,5 liter air lewat kulit, paru-paru dan ginjal (berupa air kencing). Untuk itu kehilangan itu harus digantikan dengan jumlah yang cukup, sehingga tubuh akan terhindar dari kelelahan, sakit kepala, kulit kusam dan bad mood.

Kedua, sarapan pagi setiap hari

Alasan yang sering didengar adalah karena tidak cukup waktu untuk sarapan. Mengapa harus sarapan? Kalau sarapan terlewatkan maka akan mempengaruhi produktivitas kerja. Untuk itu ‘dengarkan’ tubuh anda dengan melakukan sarapan sehat secara rutin setiap hari. Sarapan sehat adalah makanan ringan yang cukup gizi seperti segelas susu atau jus buah atau juga sarapan siap saji yang kaya gizi dan rendah lemak.

Ketiga, makan siang yang bergizi

Karena biasanya kelebihan karbohidrat sering terjadi saat makan siang atau kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sebagai sumber energi. Mengapa harus bergizi? Biasanya ngemil makanan tinggi kalori akan jadi pilihan utama apabila rasa lapar menyerang, seperti cokelat, keripik atau biskuit, yang banyak mengandung lemak, gula dan garam. Untuk itu memilih makan siang yang bergizi adalah cara yang bijaksana untuk mengatasi rasa lapar. Cara yang bijaksana menurut Dr. Wendy Doyle, ahli diet, dengan cara menambah lauknya, makan sepotong buah atau segelas yoghurt.

Keempat, siasati makan malam

Biasanya setelah lelah seharian kerja, maka akan malas kalau harus mempersiapkan makan malam. Karena, biasanya bila tidak mempersiapkan makan malam maka fast food atau take-away food, yang pasti mengandung tinggi lemak dan garam. Cara mengatasinya adalah makan sesuatu sebelum pulang kantor dan mengisi kulkas dengan bahan makanan yang lebih tahan lama disimpan untuk keadaan darurat. Kalau terpaksa membeli makanan, lebih baik hindari makanan yang digoreng dan pikirkan makanan tersebut mengandung gizi, yang paling tidak adalah cukup. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Demam Berdarah Bukan Penyakit Baru
  2. Mau Punya Anak Cowok? Begini Caranya
  3. Makan Coklat Yuk…!
  4. Cegah Wasir Saat Hamil
  5. Mendeteksi Adanya Kista
  6. Pertajam Daya Ingat dengan Olahraga
  7. Kopi Diduga Kurangi Risiko Kanker Hati
  8. Operasi Jantung Tanpa Bedah
  9. 8 Tips Cara Menghindari Penyakit Kaki Gajah
  10. Kurus Bisa Redam Risiko Kanker