Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kesan pertama begitu menggoda. Pendapat ini memang ada benarnya, jika kesan yang ditimbulkan pertama kali sudah baik, anda boleh mengharapkan hubungan yang lebih baik pada waktu selanjutnya. Sebaliknya, sekali terlihat tidak oke pada pertemuan pertama, sulit untuk mengharapkan hubungan yang lebih baik.

Pendapat tersebut ternyata juga berlaku untuk wawancara pekerjaan. Dalam hal ini penampilan luar akan memberi kesan pertama pada penilaian diri anda. Secara keseluruhan anda harus tampil menarik dan profesional. Bila dari penampilan saja anda sudah tidak menarik, orang akan malas melihat apalagi berbicara dengan anda. Karena itu, penampilan anda menjadi perhatian terpenting saat anda ingin wawancara pekerjaan. Berikut ini adalah hal- hal penting yang harus anda perhatikan dalam penampilan saat anda ingin wawancara pekerjaan.

  • Gunakan pakaian yang bersih dan rapih. Sebelum anda berangkat, setrika dulu busana yang akan kenakan. Jangan menggunakan baju yang ada sobekannya, misalnya sobekan di pangkal lengan atau kerah. Dan juga jangan menggunakan busana yang kancingnya tidak lengkap atau retsletingnya rusak. Jangan memaksa menggantinya dengan peniti. Hal kecil ini akan membuat anda tampak aneh dan sangat tidak profesional.
  • Bagi wanita bisa juga anda kenakan kemeja berpotongan longgar dengan model yang feminim dan cukup panjang sehingga pakaian dalam anda tidak kelihatan sewaktu anda duduk. Untuk pria masukkan kemeja ke dalam celana panjang dan kenakan ikat pinggang agar tampak lebih rapih. Jangan sekali-kali tidak memasukkan kemeja. Karena akan mengesankan anda ‘cuek’, tidak peduli dan berantakan.
  • Gunakan sepatu dengan bagian depan yang tertutup. Wanita dapat menggunakan sepatu dengan hak tidak lebih dari 5 cm. Sedangkan pria pilihlah sepatu pantofel dengan model yang umumnya digunakan pria ke kantor. Jangan memakai sepatu model boot, metal, sepatu sandal apalagi hanya menggunakan sandal. Jangan biarkan sepatu anda terlihat kotor dan kusam. Bersihkan sepatu anda sebelum anda berangkat. Untuk wanita jika menggunakan rok, bisa memakai stoking transparan untuk mempercantik penampilan.
  • Sisirlah rambut dengan rapih dengan model dan warna rambut yang wajar. Jangan mengecat rambut dengan warna-warna yang berani di saat tampil wawancara. Dan jangan biarkan rambut menutupi sebagian wajah anda.
  • Pastikan bahwa wajah anda sudah bersih. Jangan sampai masih ada kotoran mata dan sisa makanan menyelip di gigi. Untuk itu yakinkan penampilan anda sekali lagi dengan memperhatikan wajah anda di cermin. Bagi wanita gunakan ‘makeup’ dengan warna-warna lembut dan natural. Jangan terlalu tebal, karena tidak cocok untuk penampilan wawancara pekerjaan. Dan pastikan ‘makeup’ anda sudah beres, jangan sampai lipstik yang anda gunakan mengenai hidung atau alis mata anda melenceng.
  • Gunakan asesoris yang biasa-biasa saja. Jangan menggunakan asesoris yang berlebihan seperti anting, gelang atau kalung yang besar. Bagi wanita gunakan asesoris pelengkap yang tidak mengganggu, misalnya giwang yang kecil dan jam tangan. Sedangkan pria cukup kenakan jam tangan.
  • Gunakan parfum beraroma lembut dan tidak menyengat. Parfum dengan bau yang berlebihan hanya akan mengganggu orang-orang yang anda jumpai.
  • Pastikan bahwa kuku-kuku tangan anda sudah bersih dan pendek. Jangan sampai kuku anda terlihat panjang, hitam dan jorok. Karena hal kecil ini akan mempengaruhi penampilan anda secara keseluruhan. Untuk wanita jangan memakai cat kuku berwarna mencolok seperti ungu, merah tua, biru tua atau hitam. Seandainya anda ingin mengenakannya, pilihlah warna yang lembut seperti coklat muda atau warna bening.

Penampilan lahir memang memberi nilai tersendiri pada saat anda wawancara pekerjaan. Tetapi tentu saja harus didukung oleh ‘inner beauty’ anda. Sopan santun dan tata krama ketika berhadapan dengan orang lain menjadi hal mutlak yang harus anda perhatikan dalam wawancara kerja. Satu lagi yang tak kalah penting adalah ‘isi otak’ anda. Karena percuma saja jika penampilan fisik sudah oke tetapi tidak didukung dengan pengetahuan yang memadai.

Astaga


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 10 Kesalahan Fatal Melamar Pekerjaan
  2. Resign? Ciptakan Kesan yang Baik
  3. Yang Berprestasi Tinggi Lebih Mudah Jadi ‘Kutu Loncat’
  4. Hindari 5 Perilaku Berikut Dikantor Anda
  5. Ingin Naik Gaji? Pelajari Caranya!
  6. Atasi Gugup Jelang Presentasi
  7. Inilah 7 Tanda Si Bos Naksir Anda
  8. Ternyata Kencan dengan Brondong Tingkatkan Performa Kerja Wanita
  9. Hindari PHK Dengan 8 Cara Jitu
  10. Urutan Kelahiran Tentukan Kesuksesan