Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bicara soal kesehatan gigi tak pernah lepas dari senyawa fluoride. Senyawa ini memang berperan mencegah terjadinya gigi berlubang. Salah satu bukti, sebelum PD II, sebagian besar anak berusia di bawah 12 tahun, di Australia mengalami gigi berlubang. Setelah fluoride diketahui mampu mencegah gigi berlubang dan digunakan dalam pasta gigi, jumlah anak penderita gigi berlubang berkurang secara drastis.

Drg Felix Aryadi Joelimar MD SC, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengungkapkan hal itu. Disebutkan, pemakaian fluoride bisa dengan cara dimasukkan ke dalam air minum dengan takaran tertentu, pasta gigi, atau tepung. Tentu saja tak semuanya ekonomis. “Yang paling ekonomis adalah melalui pasta gigi atau air minum,” jelasnya.

Fluoride sebenarnya juga diperoleh dari bahan makanan yang kita konsumsi. Menurut drg. Felix pada dasarnya semua tanaman mengandung fluoride. Hanya saja kandungannya tidak sama. Ada yang tinggi, ada pula yang rendah. Salah satu tanaman yang kaya fluoride adalah teh, terutama yang berasal dari pucuk teh berkualitas baik.

Jadi, kita bisa mencegah gigi berlubang dengan fluoride dari berbagai sumber. Yang penting, jangan berlebihan, karena justru bisa bikin korosi gigi. (yz, Sumber: Kompas)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Jangan Merokok Dalam Mobil, Racunnya 23 Kali Lebih Tinggi dari Bar
  2. Fakta Tentang HIV dan AIDS
  3. Cara Membedakan Sinusitis dan Pilek
  4. 6 Hal Yang Belum Anda Ketahui Tentang Fakta Payudara!
  5. Khitan Kurangi 60 Persen Risiko Terjangkit AIDS
  6. 5 Tips Usir Bau Mulut Saat Berpuasa
  7. Kapan Antibiotik Digunakan?
  8. 6 Makanan Berikut Penyebab Sakit Jantung
  9. Berbahaya Merokok di Mobil
  10. Inilah 7 Fakta Sehat Air Putih