Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Pola makan yang tidak teratur atau memilih menu makanan yang sembarangan maka kemungkinan anda akan terserang penyakit maag. Jika hal ini terjadi justru akan membuat anda susah juga karena harus memilih makanan. Tak sembarang makanan bisa dikonsumsi bila anda sudah terserang sakit maag dan gejala perut kembung, eneg serta terasa mau muntah.

Heartburn atau sakit maag adalah masalah pencernaan yang terjadi saat lambung memproduksi asam berlebih sehingga menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Jenis makanan tertentu bisa mempeparah gejala sakit maag seperti rasa panas terbakar akibat naiknya gas lambung ke kerongkongan.

Cara terbaik mengontrol sakit maag agar tidak mudah kambuh adalah hindarilah atau setidaknya batasi sejumlah makanan dan minuman yang mengakibatkan terjadinya aliran balik asam lambung ke kerongkongan.

Untuk buah-buahan yang harus dihindari adalah jus jeruk, lemon atau lemonde, anggur, cranberry dan tomat. Sayur yang harus anda hindari adalah kentang dan bawang merah. Potongan daging sapi antara leher dan bahu, chicken nugget, buffalo wigs dan marbled sirloin, susu, yogurt, milk shake dan es krim sebaiknya anda hindari. Macaroni, keju, spaghetti dengan saus, brownies, coklat, donut, corn chip, salad dressing, minyak, cuka, wine dan kopi sebaiknya anda kurangi mengkonsumsinya.

Meskipun sebenarnya coklat sangat bagus untuk meningkatkan mood dan kesehatan jantung tetapi bagi pengidap sakit maag kronis  sebaiknya hindari konsumsi coklat secara berlebihan. Karena dapat mengiritasi sistem pencernaan bagi anda yang sudah menderita sakit maag kronis. Coklat dapat menginduksi gejala-gejala GERD dengan memanipulasi kemampuan LES/lower oesophageal sphincter untuk mencegah asam lambung berbalik ke kerongkongan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa coklat secara signifikan meningkatkan jumlah kejadian reflux (aliran balik) pada pasien yang ikut dalam penelitian. Coklat menyebabkan dilepaskannya serotonin dalam jumlah besar dari sel-sel di usus halus. Padahal serotonin ini menyebabkan LES alias pintu jebak mengendur. Pengenduran ini berarti ‘pintu’ antara tenggorokan dan lambung terbuka, sehingga asam bisa mengalir lagi ke tenggorokan.

Jadi sebaiknya anda mulailah untuk mempola makan secara baik dan benar, agar kesehatan anda tetap terjaga. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Sering Kesemutan? Waspadalah!
  2. Bayaha Penggunaan Ponsel Untuk Anak Dibawah 12 Tahun
  3. Inilah 9 Tes Kesehatan yang Nggak Penting Anda Lakukan
  4. Dua Saluran Serotonin
  5. Ternyata Payudara Implan Masih Bisa Menyusui, Tapi?
  6. Delapan Mitos dan Fakta AIDS
  7. Kenapa Wanita Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS ?
  8. Mata Kedutan? Adda Makna Medis
  9. Diabetes, Bukan Penghalang Berpuasa
  10. Nyeri Haid Bisa Karena Stres