Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Meski anda berpuasa tidak berarti anda harus menjadi layu. Ada beberapa trik yang bisa anda terapkan agar tetap segar selama berpuasa. Yang pertama adalah konsumsilah makanan bergizi baik saat sahur maupun berbuka puasa yang mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Perbanyak minum air putih pada malam hari atau saat sahur untuk mencegah dehidrasi. Karena aktivitas anda di siang hari cenderung akan mengeluarkan banyak keringat baik itu diruangan terbuka maupun ber AC.

Saat berbuka ada baiknya anda awali dengan makanan atau minuman manis seperti kurma atau teh manis. Sebaiknya anda jangan langsung meminum air dingin atau es karena akan menyebabkan perut kembung. Jangan pula mengkonsumsi minuman bersoda karena dapat berakibat buruk bagi perut anda.

Istirahatlah selama kurang lebih 1 jam sebelum menyantap hidangan berbuka. Berbuka hendaknya dilakukan secara bertahap agar lambung anda tidak kaget. Saat anda akan menyantap hidangan berat jangan langsung berlebihan.

Konsumsilah makanan berserat seperti sayur dan buah saat berbuka atau sahur agar anda dapat menahan rasa lapar lebih lama. Ini karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat.

Perbanyak pula makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral agar anda tetap bugar. Vitamin yang perlu dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C yang banyak terdapat pada buah berwarna merah atau kuning, sayur berwarna hijau tua atau kacang-kacangan.

Hindari sikap bermalas-malasan dengan tetap aktif melakukan kegiatan sehari-hari termasuk berolahraga. Aktivitas justru dapat merangsang pengeluaran hormon-hormon antiinsulin yang berfungsi melepas gula darah dari simpanan energi sehingga kadar gula darah tidak menurun hingga anda dapat tetap bugar sepanjang hari. Olahraga yang dapat dilakukan misalnya jalan, jogging, bersepeda atau senam.

Usahakan anda cukup tidur agar sel-sel otot dan organ tubuh dapat pulih kembali. Tapi anda juga jangan terlalu banyak tidur karena hal ini akan menyebabkan loyo, kulit wajah kering dan tidak segar. Selamat berpuasa. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Aromaterapi untuk Relaksasi
  2. Detoksifikasi : Berendamlah Dengan Air Hangat
  3. Cara Alami Atasi Sakit Perut
  4. Waspadalah! 3 Kanker Berikut Banyak Menyerang Wanita Muda
  5. Tanda Awal Kanker
  6. Buah Kenari Pencegah Kanker Prostat
  7. Kedahsyatan Teh Hijau
  8. Ciri-Ciri Pemakai Narkoba
  9. Impoten Karena Tak Suka Olahraga
  10. Wanita Lebih Rentan Glaukoma, 30%nya Buta!