Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Memang tidak mudah untuk menghilangkan atau menghentikan kebiasaan merokok. Namun, yang lebih susah adalah bagaimana tetap sehat dalam kondisi terpaksa harus merokok.

Berolahragalah atau memulai program/hobi dengan keluarga/teman-teman yang bukan perokok. Buatlah acara ini secara teratur. Olah raga tidak hanya penting bagi yang ingin hidup sehat, tetapi juga bagi perokok. Luangkan waktu kurang lebih 30 menit sehari untuk memberikan tubuh mendapat oksigen secukupnya. Jangan merokok selama berolahraga, karena hal ini akan memupuskan segala manfaatnya.

Jangan merokok sambil minum kopi. Meski dipercaya dapat menambah kenikmatan, kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar CO2 dalam paru-paru. Sebagai ganti, pilih minuman yang dapat menetralisir racun yang dibawa oleh rokok seperti jus buah segar atau susu.

Ganti rokok dengan makanan ringan sebagai pencuci mulut. Ganti kebiasaan merokok saat buang air besar dengan membaca buku, komik, koran yang jauh lebih bermanfaat untuk menambah ilmu maupun sekedar sebagai rileksasi. Cobalah berpikir sesaat sebelum menyalakan rokok, tentang bagaimana hidup ini terasa lebih indah tanpa rokok.

Alasan yang selalu dikemukakan adalah rokok dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan konsentrasi, memberi rasa lebih tenang dan lebih rileks. Kenyataannya, efek positif itu hanya terasa sesaat dan selanjutnya timbul ketergantungan yang akan berdampak luas. Cobalah mencari alternatif seperti mendengarkan musik lewat earphone atau mengunyah permen karet. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Genetis, Faktor Penyebab Migrain
  2. Bagaimana Cara Merawat ODHA?
  3. Kiat Mencegah Cacingan
  4. 10 Ciri Lelaki Depresi
  5. Kanker Mulut Rahim, Pembunuh Nomor Satu Kaum Perempuan
  6. Inilah ‘3 Keuntungan’ Menjadi Seorang Perokok
  7. Buah Merah Tak Mampu Matikan Virus HIV
  8. Inilah Cara Alami Buang Racun dalam Tubuh
  9. Cara Alami Mengatasi Kemandulan Bagi Pria
  10. Tes Menghindari Infeksi Vagina