Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Lelaki yang menghindari interaksi sosial, tidak merasa perlu menyapa atau diskusi aktivitas sehari-hari dengan teman atau rekan sekerja menghadapi peningkatan resiko kematian dari penyakit janting. Para perist menemukan lelaki dengan penghindaran sosial berkemungkinan 38% lebih besar meninggal karena penyakit kardiovaskular. Studi selama 30 tahun terhadap 1.947 lelaki sehat ditemukan penghindaran sosial dikaitkan dengan peningkatan kematian dalam penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung.

Yang dimaksud dengan penghindaran sosial adalah kecenderungan menghindari interaksi sosial. Ada rasa takut pada situasi sosial dan rasa malu. Akibatnya terjadi respons sistem saraf sympathetic yang berlebihan di dalam tubuh. Lelaki dengan tingkat penghindaran sosial cenderung menghindari kontak sosial berkata mereka kurang suka bicara dengan teman yang sudah lama tidak bertemu kecuali orang tersebut yang memulai dulu. Mereka juga berkemungkinan lebih kecil dulu bicara pada siapa pun, tidak terlibat dalam percakapan atau gosip dan menghindari orang karena takut mengatakan sesuatu yang kemungkinan akan disesalinya.

Lelaki dalam studi ini berumur atara 45 tahun hingga 50 tahun dan mempunyai pendidikan rata-rata 11 tahun. Sebagai kelompok, mereka kelebihan berat badan, mempunyai kadar total kolestertol tinggi, tekanan darah yang agak tinggi dan merokok rata-rata 10 batang per hari. Ketika para periset mengatur faktor resiko penyakit jantung, lelaki dengan penghindaran sosial tinggi tetap mempunyai angka yang lebih tinggi kematian dari penyakit jantung.

Salah satu mekanisme penyebab kematian ini diduga adalah depresi dan kurangnya dukungan sosial. Gelisah tanpa sebab dan depresi jelas berakibat pada penyakit kardiovaskular. Orang yang sedikit lebih percaya diri, mapan dan mempunyai struktur sosial bisa bertahan terhadap penyakit ini secara lebih baik. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Gejala AIDS Hampir Sama dengan TBC
  2. Inilah 10 Penyakit yang Masih Dianggap Misterius
  3. 9 Penyakit Turunan, Kanker, Diabetes, Kolesterol, Dll
  4. Fakta Tentang HIV dan AIDS
  5. Air Putih Bisa Berbahay Bila Dimunum di Saat Makan
  6. Inilah 7 Hal yang Bisa Merusak Kualitas Sperma Anda
  7. Anda Penderita Diabetes? Hindari 5 Makanan Berikut
  8. Perempuan Obesitas Mudah Kena Kanker Ovarium
  9. Hal-Hal Buruk dalam Pola Makan
  10. 4 Cara Efektif Untuk Obati sakit Kepala